Pelatihan untuk Perawatan Sumur Bor OBI di Sumba Timur

  • 2022-05-09
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 116
Foto: OBI

Masyarakat penerima manfaat sangat antusias dan mau berkomitmen untuk bekerjasama menjaga fasilitas sumur bor dari OBI ini.

Pada 19-20 April lalu, tim OBI datang ke Sumba Timur untuk mendedikasikan 5 sumur bor OBI yang telah selesai direhabilitasi atau diperbaiki. Sumur bor tersebut berlokasi di GKS Kaliuda, GBI Tanaraing, GBI Praliu, GBI Padadita, dan GKII. Minimnya pengetahuan masyarakat sekitar mengenai perawatan tentang sumur bor, mengakibatkan terjadi banyak kerusakan dan harus dilakukan beberapa perbaikan. Oleh sebab itu, pada kunjungan kali ini tim OBI juga mengadakan pelatihan bagi masyarakat di sekitar, agar masyarakat dapat bersama-sama saling merawat sumur bor OBI di daerahnya masing-masing.

Acara penyerahan secara resmi kepada komunitas setempat atas sumur-sumur tersebut berjalan dengan lancar, dihadiri oleh jemaat gereja dan masyarakat penerima manfaat yang tinggal dekat dengan lokasi sumur bor OBI. Adapun pelatihan yang dilakukan meliputi:

1. Pengenalan fasilitas sumur bor OBI, sehingga masyarakat dapat mengetahui tata letak lokasi sumur bor dan sumber daya listrik yang dipergunakan sebagai penggerak sumur bor.

2. Pelatihan untuk perawatan terhadap sumur bor OBI minimal 3 bulan sekali dengan mengecek pompa, struktur baja dan tangki air. Dan hari itu juga masyarakat memilih penanggung jawab sumur di setiap lokasi.

3. Pengenalan material dan fungsinya agar mempermudah perawatan terhadap Sumur Bor OBI.

4. Memberi tahu cara mengidentifikasi seandainya terjadi masalah dan bagaimana harus mengatasinya bila terjadi masalah di lapangan, seperti mengatasi pompa air yang mati, atau bila pipa pecah, dll.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, manfaat sumur bor OBI dapat dirasakan lebih maksimal oleh masyarakat di sekitar. Terima kasih untuk Mitra OBI yang senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan pelayanan  OBI di seluruh Indonesia. Karena Anda, semakin banyak masyarakat di daerah yang kekurangan air bersih bisa mendapatkannya melalui pembangunan Sumur Bor di daerahnya. Tuhan Memberkati!

Share this article :

RELATED ARTICLE

https://www.oborberkat.com/patner/donation.html