Cantiknya Achava Setelah Operasi Bibir Sumbing Untuknya

  • 2022-04-29
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 142
Foto: OBI

Orang tua Achava sangat kaget ketika mengetahui keadaan putri bungsunya itu dan tidak tahu apa yang menjadi penyebabnya.

Achava Brillie Manalu (20bulan) terlahir dengan bibir sumbing sampai ke langit-langitnya. Ayah dan Ibu Achava, Bpk. Rudi dan Ibu Rosta sangat kaget ketika pertama kali mengetahui keadaan putri bungsunya itu. Mereka tidak menyangka anak mereka bisa mengalami bibir sumbing. Baru kemudian setelah dicari apa penyebabnya, Ibu Rosta baru ingat bahwa saat di awal kehamilannya, ia sering mengkomsumsi obat sakit maag, karena waktu itu sakit maagnya sering kambuh dan saat itu dia tidak menyadari kalau dia sedang hamil muda. Nasi sudah menjadi bubur, ia tidak bisa berbuat apa-apa, ia hanya bisa berdoa, suatu hari ada mujizat buat anaknya.

Achava adalah anak bungsu dari empat bersaudara, ketiga kakaknya sudah bersekolah. Achava dengan kakak di atasnya berbeda usia 12 tahun. Keluarga ini tinggal di daerah Karawang, Jawa Barat.

Tiga tahun lalu, Ayah Achava di PHK dari pabriknya. Sejak itu, ayahnya tidak memiliki pekerjaan lagi. Bersyukurnya keluarga mereka diberikan modal untuk membuka usaha air suling dan menjualnya ke masyarakat sekitar. Namun, pendapatan dari menjual air tersebut dibayarkan kepada pemodal. Sisa dari penghasilan dari usaha kecil ini hanya cukup untuk membiayai kehidupan sehari-hari dan biaya sekolah ketiga saudaranya.

Himpitan ekonomia dan kurangnya pengetahuan keluarga tentang bibir sumbing membuat Achava tidak dapat menerima perawatan medis untuk bibir sumbingnya lebih dini. Ibu Achava ingin putrinya dioperasi, tapi ia takut karena mendengar kegagalan operasi bibir sumbing anak tetangganya.

Suatu hari, di akhir tahun 2021 anak pertama Rosta mendapat informasi dari salah satu teman di komunitasnya kalau Yayayan Obor Berat Indonesia bisa memberikan bantuan operasi gratis bagi anak-anak. Tanpa mengulur waktu, Rosta menghubungi Paramedik Marcel di no WA 0859 2121 3434 dan langsung dimasukkan dalam daftar calon penerima operasi gratis. Dan pada Maret 2022 Achave sudah mulai dipantau keadaan kesehatannya.

Setelah menjalani proses pemeriksaan selama beberapa minggu, Achava pun mendapatkan jadwal pasti untuk menjalani operasi. Pada 20 April yang lalu di Rumah Sakit St Carolus, Jakarta. Achava telah menjalani bibir sumbing tanpa membayar sepeser pun. Sekarang, Achava sudah sehat dan gadis kecil ini terlihat lebih cantik.

Terima kasih Mitra OBI, karena donasi dan dukungan doa Achava sekarang sudah bisa hidup normal seperti balita lainnya.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html