Bibit Sayur dan Benih Lele dari OBI Telah Menolong Keluarga Bellva

  • 2021-12-02
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 270
Foto: OBI

Selain untuk dikonsumsi sendiri, hasil panen keluarga ini juga dijual untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Keadan ekonomi keluarga yang semakin buruk di masa pandemi, ditambah dengan matinya ternak babi yang mereka pelihara, mengakibatkan kehidupan keluarga Serius Sakti Harefa (38 thn) dan Ibu Martina  (33 thn) menjadi semakin terpuruk. Hal tersebut juga berdampak pada sulitnya memenuhi kebutuhan gizi anak mereka Bellvania Agatha Zai (5 thn).

Bellva adalah salah satu murid TK di OBI Nias yang terpilih untuk menjalani program pemberian makanan bergizi selama 6 bulan dari sekolah. Kedua orang tuanya sangat bersyukur begitu mengetahui hal tersebut. Pada Januari 2021 keluarga ini juga terpilih mengikuti program ketahanan pangan keluarga untuk mendaptakan bibit sayuran dan 100 bibit ikan lele dengan gratis untuk dapat dirawat dan dikembangbiakkan.

Bapak Serius begitu bergembira dan bersemangat memelihara benih lele. Ia memanfaatkan bekas kandang babi di rumah untuk menjadi kolam lele. Bapak ini menunjukan keseriusannya sehingga membawa hasil yang menguntungkan bagi keluarga. Setelah 3 bulan, akhirnya benih lele mereka telah dapat dipanen. Selain untuk dikonsumsi sendiri, hasil panen lele juga mereka jual untuk menambah pendapat keluarga. Keluarga ini juga mendapat gizi dari sayur-mayur dari hasil bibit sayuran yang ditanam di pekarangan rumah mereka.

Bapak Serius menjual lelenya dengan harga 30.000/kg, dan sampai saat ini ia tetap memelihara lele, bahkan menambahkan jumlah bibitnya. Hal itu dilakukan Bapak Serius sambil mengerjakan pekerjaan utamanya sebagai tukang bangunan.

Ibu Martina Harefa berkata, "Saya bersyukur  karena melalui program ini keluarga kami terbantu. Kami bersyukur karena OBI memberikan pemahaman bahwa kami sebagai orangtua harus memberikan makanan sehat dan bergizi untuk anak di waktu yang tepat. Demikian juga bantuan berupa benih lele dengan tujuan menjaga ketahanan pangan keluarga kami di saat seperti ini, ikan lele dan sayuran berkembang dengan baik sebagai sumber makanan sehat dan bergizi bagi keluarga, secara khusus untuk Bellva anak kami. Terima kasih OBI!"

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html