Eleanor Mulai Bisa Berinteraksi Setelah Bergabung di PAUD OBI

  • 2021-11-29
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 139
Foto: OBI

Saat Eleanor didiagnosa menjadi anak autis, ia harus bersekolah didampingi seorang terapis, namun tetap tidak ada perkembangan.

Pasangan Bapak Abner (39 thn) dan Ibu Imelda (39 thn) dikaruniani seorang anak tunggal yaitu Eleanor (5 thn). Secara fisik Eleanor terlihat tumbuh normal seperti anak seusianya. Namun sampai usia 5 tahun, Eleanor masih belum bisa berbicara.

Pada waktu itu, Ibu Melda hendak mendaftarkan Eleanor masuk ke sekolah, tetapi ia melihat sesuatu yang janggal dengan kondisi Eleanor. Selain karena belum bisa bercara, Eleanor juga tidak bisa diajak berbicara, tidak fokus dan menjadi atraktif bergerak, sehingga ia sulit untuk berinteraksi dab berkomunikasi dengan lingkungan sekitar.

Setelah bersepakat, Ibu Imelda dan Bapak Abner memutuskan membawa Eleanor ke dokter spesialis. Dari hasil pemeriksaan dokter, Eleanor dinyatakan tergolong anak autis.

Tahun lalu Eleanor belajar di sekolah khusus dengan pendampingan seorang terapis, namun Ibu Imelda merasa tidak ada kemajuan pada anaknya. Akhirnya di Tahun ajaran 2021-2022 Eleanor didaftarkan ke sekolah PAUD OB, Tanah Merah, Jakarta Utara.

Di sela kegiatan bermain dan belajar sedang berlangsung di kelas, tiba-tiba Eleanor menghampiri salah satu guru dan menariknya, serta dengan gerakan memegang celana bagian belakang, ia memberi petunjuk kepada guru kalau ia hendak buang air besar. Dan saat pulang sekolah gurunya pun menyampaikan kejadian tersebut pada Ibu Imelda.

Ibu Imelda sangat terkejut karena tidak biasanya Eleanor bisa menyampaikan maksudnya pada orang lain selain ke Ibu Imelda.

“Puji Tuhan, Eleanor berarti sudah mengalami kemajuan. Selama ini Eleanor hanya mau memberitahukan keinginannya kepada saya saja, termasuk saat hendak buang air, meskipun saat itu pernah juga dititipkan dengan neneknya, tetap saja Eleanor tidak akan bilang. Eleanaor pasti lebih memilih menunggu ada saya dan bilang ke saya. Tapi kalau hari ini Eleanor sudah mau bilang ke guru, itu adalah suatu kemajuan buat Eleanor,” dengan haru Ibu Imelda menceritakan perkembangan anaknya. "Hampir setiap hari pasti ada saja kosakata baru yang Eleanor ucapkan, walaupun dengan berulang-ulang. Eleanor juga mau mengucapkan doa sebelum makan tanpa dituntun. Terima kasih Guru OBI, sudah sabar mendampingi anak saya," tutup Ibu Imelda menceritakan kemajuan perkembangan anaknya Eleanor kepada kami.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html