Pelatihan Ternak Lele untuk Keluarga Rosdiana telah Membuahkan Hasil yang Menggembirakan

  • 2021-10-01
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 265
Foto: OBI

Sampai saat ini mereka sudah tiga kali panen, selain untuk konsumsi bergizi anak-anak, ikan-ikan itu mereka jual dan mendapatkan keuntungan sampai 500 ribu rupiah

Rosdiana Sirait (44 thn) adalah ibu dari dua orang putri. Salah satunya adalah Xeaan Ghatta Zebua (9 thn) yang bersekolah di SD OBI Nias, saat ini duduk di bangku kelas 3 SD. Awalnya, Xeaan mengalami kurang gizi sehingga berat badanya hanya 18 kg dengan tinggi badan 126 cm. Namun setelah ia mengikuti program perbaikan gizi dari sekolah OBI Nias selama 6 bulan, asupan gizi Xeaan sudah terpenuhi, ada banyak perubahan pada pertumbuhannya. Berat badannya naik menjadi 29 kg dan tinggi badannya bertambah menjadi 138 cm.

"Hal itu membuat saya dan suami sangatlah gembira. Bukan hanya perkembangan fisik saja yang menjadi lebih baik, tapi kecerdasan dan karakter Xeaan juga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Meskipun saat ini kehidupan kami mengalami kesulitan, tapi saya bersyukur karena anak saya bisa tumbuh dengan baik," cerita Rosdiana.

Di masa pandemi ini, Rosdiana juga harus menutup warung jualan pisang goreng dan mie sop karena tidak ada pembeli lagi. Tetapi ia tidak putus asa, ia tetap berjuang untuk keluarganya dengan cara menjadi pedagang sayur keliling. Semangat Rosdiana bertambah ketika anak-anaknya tidak malu, mereka mensupport pekerjaan papa dan mamanya. Pada Februari 2021, ia mendapatkan bibit sayuran dan bibit ikan lele, serta pelatihan untuk menanam dan beternak agar hasil panen dapat dikonsumsi keluarga, dan atau bisa dijual sebagai penghasilan tambahan.

"Program pemeliharaan ikan lele dari SD OBI Nias menjadi jawaban bagi kami untuk memenuhi kebutuhan keluarga di saat pandemi ini. Sampai saat ini kami tetap memelihara ikan lele dan semakin hari makin berkembang. Awalnya kami pikir biasa saja, tetapi ternyata memberi banyak dampak bagi keluarga kami. Awalnya kami diberi modal satu buah terpal untuk 100 ekor bibit ikan lele dikembangkan, dan itu berkembang dengan cara kami membeli bibit dari hasil pertama kami. Sekarang kami sudah tiga kali panen, selain untuk konsumsi bergizi bagi anak-anak, ikan tersebut kami jual dan terakhir kami mendapatkan keuntungan 500 ribu. Xeaan dan kakaknya sangat bergembira karena uang tersebut bisa dipakai untuk keperluan sekolah dan tambahan untuk uang kontrakan rumah. Xeaan mengatakan bahwa sisa uangnya yang 200 ribu ditabung untuk mewujudkan cita-citanya menjadi seorang dokter. Ia percaya uang 200 ribu akan bertambah ketika ia tekun belajar dan setia kepada Tuhan," demikian ujar Rosdiana menutup ceritanya.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html