Program Pertanian & Peternakan

Show English Version

  • 2011-08-16
  • Author : Delfi Gultom
  • Views : 1391
Program Pertanian & Peternakan

Bencana tsunami yang melanda Nias 2004 dan gempa tahun 2005 yang membawa OBI ke pulau itu. Masih segar dalam ingatan, bantuan awal yang OBI bawa adalah bantuan medis dan makanan untuk para korban. Hingga akhirnya, OBI memilih tinggal lebih lama dan menjal

Selain program bantuan medis, OBI fokus pada program Balai Pemulihan Gizi (BPG) dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi anak-anak Nias yang menderita gizi buruk/ gizi kurang. Dari program ini kami temukan bahwa, penyebab gizi buruk/gizi kurang di Nias bukan karena kemiskinan semata, melainkan karena keterbatasan pengetahuan. Jika tidak ada nasi yang bisa dimakan, para orangtua seringkali menggantinya dengan pisang atau singkong rebus untuk anak-anaknya; batita atau balita. Selain itu, kondisi tempat tinggal dan lingkungan yang tidak terjaga bersih, menjadi pemicu lain munculnya berbagai penyakit di kalangan anak-anak. Dari fakta ini, muncullah sebuah pemikiran untuk mengadakan program pendidikan dan pelatihan bagi para orangtua pasien gizi buruk/gizi kurang.

Pelatihan program pertanian, program peternakan hingga pengolahannya diberikan untuk para orangtua pasien BPG dan PMT, agar mereka punya pengetahuan baru, seperti; menyiapkan makanan sehat bagi keluarga dengan sayur-sayuran hasil kebunnya, atau memberikan lauk pauk yang sehat dari hasil ternak miliknya. Selain untuk konsumsi keluarga, hasil pertanian atau peternakan yang mereka kerjakan bisa dijual dan menambah penghasilan keluarga. Beberapa program pertanian dan peternakan yang sudah berjalan, antara lain; pertanian sayur-sayuran, cabe, buncis, kacang panjang, jagung, budidaya bibit ikan lele, ternak ikan lele dan lainnya.

Di Nias, program pertanian dan peternakan masih terus dilakukan sebagai upaya menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Nias.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html