Pentingnya Edukasi Dalam Menggunakan Komputer Pada Anak

  • 2021-06-11
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 55
Foto: OBI

Penggunaan komputer sendiri memiliki pengaruh positif terhadap anak.

Meningkatnya teknologi di Era ini yang semua serba modern juga bisa diterapkan didunia pendidikan sebagai fasilitas untuk mempermudah proses belajar mengajar. Meningkatnya teknologi dapat meningkatkan minat belajar anak juga karena tempilannya lebih menarik dan dapat menghindari rasa bosan selama pelajaran. 

Berikut merupakan manfaat teknologi dalam dunia pendidikan :

- Menambah wawasan

- Meningkatkan kemampuan belajar

- Mempermudah akses belajar

- Menambah minat belajar

Komputer juga merupakan sarana yang bermanfaat untuk mengekspresikan kreatifitas seorang anak. Dengan hadirnya komputer kita dapat membuat berbagai karya, design dengan bentuk dan warna yang menarik. Tak heran para orang tua merasa perlu mengenalkan anak pada komputer sejak dini. Dan penggunaan komputer sendiri memiliki pengaruh positif terhadap anak. Yaitu :

- Mendorong anak untuk belajar selain metode verbalitas dalam kata-kata tertulis atau lisan belaka.

- Anak menjadi lebih tekun dan terpicu untuk berkonsentrasi

- Mendorong anak untuk belajar selain metode verbalitas dalam kata-kata tertulis atau lisan.

- Stimulasi bagi perkembangan antara kordinasi mata dengan ketepatan gerak tangan.

Penggunakan komputer membuat anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat lunak pendidikan yang diprogram yang menarik. Semakin anak tertarik akan program tersebut, semakin tertarik pula dia untuk belajar. Permainan atau game yang ada dikomputer dapat membantu anak untuk belajar bagaiana bertahan, membuat strategi, membangun sifat kepemimpinan dan lain-lain. 

Mengingat komputer merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari pada zaman ini. Kepada semua pendidik dan orang tua, perlu diingatkan peran penting mereka dalam pemanfaatan komputer bagi anak. Berikan kesempatan pada anak untuk belajar dan berinteraksi dengan komputer sejak dini. Pilihlah program tertentu yang memang ditujukan untuk anak-anak. Sekalipun yang dipilih merupakan program komputer seperti edutainment ataupun games, sesuaikan selalu dengan usia dan kemampuan anak.

Sumber: Google

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html