5 Tahun di Desa Koko NTT adalah Pilihan Terbaik

Show English Version

  • 2012-05-24
  • Author : Delfi Gultom
  • Views : 2213
5 Tahun di Desa Koko NTT adalah Pilihan Terbaik

Dusun Koko sangat terpencil. Rumah-rumah penduduk sangat sederhana dan tidak ada sarana MCK di sana. Masyarakatnya hidup dari hasil hutan dan bertani. Mereka jauh dari peradapan kota dan terpuruk dalam keterbatasannya. Itulah desa Koko yang kami temukan d

5 tahun lamanya (2007-2012), OBI tinggal dan menghidupi kehidupan masyarakat desa Koko. Sesuatu harus dilakukan ditempat itu, karena tidak untuk selamanya mereka dilupakan. Masyarakat desa Koko berharga dan masa depan ada pada mereka. Hal itu memotivasi OBI untuk melakukan sesuatu di desa Koko dan membawa perubahan yang lebih baik ditempat itu. Setahap demi setahap perubahan terjadi ketika pengetahuan baru dibukakan. Mendampingi, mengajarkan hal-hal baru dan melihat masyarakat desa Koko menjadi masyarkat yang maju membuat kami bahagia. Ya, desa yang kami temui 5 tahun lalu tampak berbeda kini. Mereka menjadi orang-orang yang haus akan informasi, butuh pengetahuan, semangat dalam bekerja dan masuk pada kemandiriannya.

 

“Keadaan kami sebelum OBI datang begitu susah. Waktu OBI datang... OBI memberikan air dan buatkan jalan. Kami percaya ada masa depan di program pembuatan tempe yang OBI ajarkan. Saya akan buat sendiri tempe dan saya bisa jual. Uangnya saya tabung untuk sekolah anak saya. Anak saya harus sekolah, supaya ia bisa seimbang dengan orang kota, supaya ia berhasil. Ia harus lebih pintar dari ibunya. Saya mau punya masa depan.” Elisabet (20)

“Terimakasih OBI, untuk pelatihan dan bantuan lahan yang OBI sediakan, sehingga pendapatan kami bertambah.” Frans, salah seorang peserta program pertanian mengaku sangat tertolong dengan program-program yang OBI lakukan di desanya.

“Ilmu saya bertambah. Apalagi dengan kompor roket ini kita bisa hemat, masaknya cepat dan anak-anak tidak perlu lagi cari kayu-kayu yang besar-besar untuk masak.” Adi, salah seorang peserta pelatihan pembuatan Kompor Roket yang telah menjadi tenaga pengajar untuk program yang sama didesanya.

Mama Wil (Yosefina Daman, 29th) peserta program Tehnologi Tepat Guna (TTG), mampu memproduksi berbagai makan ringan hasil bumi desa Koko, sehingga ia punya penghasilan untuk kebutuhan anak-anaknya. “Dodo keta trimakasih OBI. Dami sangged diá dite lawang hoó ata poli tiba dami agu rasa keta lami, selama ite cama-cama.” (Artinya: Terimakasih OBI. Saya bisa merasakan dan menerima kasih yang nyata selama ini, dalam persaudaraan kita yang akrab)

 

Dan inilah kebahagiaan itu, ketika kita bisa melihat orang lain bahagia. 5 tahun berada di desa Koko membuktikan bahwa, keputusan untuk tinggal disana menjadi tahun-tahun terbaik yang kami lalui dan saatnya untuk pamit. Terima kasih para Mitra, yang mendukung kami untuk menjadi pencipta perubahan di desa Koko, Ruteng NTT.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html