Berkat Pendidikan Gratis di PKBM OBI, Sendi Bisa Terus Sekolah

  • 2021-05-21
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 519
Foto: OBI

Sepeninggal bapaknya, ibunya sudah tidak sanggup jika harus membiayai sekolahnya

Sendi Gunawan mulai belajar di sekolah OBI Tanah Merah sejak ia berumur 8 tahun dengan menjadi siswa PAUD. Saat itu Sendi sudah terlambat memasuki masa sekolah tapi Ibunya Toripah (38 thn) tidak punya biaya untuk menyekolahkannya. Sampai suatu hari ia mengetahui dari tetangganya kalau ada sekolah gratis di Tanah Merah yang dapat menolongnya. Sekarang 7 tahun sudah Sendi mengikuti pendidikan di sekolah OBI. Usianya sudah 15 tahun saat ini dan dia sedang bersiap mengikuti ijian kelulusan dari Paket A (setara SD) 

Sendi tinggal bersama ibunya dan abangnya yang bernama Muhammad Tansidik (21 thn). Ibunya bekerja sebagai tukang cuci gosok dan kakaknya bekerja sebagai tukang kebersihan di sebuah ruko di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sejak 4 tahun lalu ayahnya sudah berpisah dengan ibunya karena sang ayah tidak mau menafkahi keluarga dan lebih memilih bermain judi. Sejak saat itulah dia dan keluarga hidup tanpa sosok seorang ayah, ibunya berperan ganda menjadi seoarang ayah dan sekaligus menjadi ibu.

“Awal-awalnya susah ketika suami saya tidak ada di sini, namun saya akhirnya terbiasa melakukannya dengan kerja keras demi masa depan anak-anak saya, namun saya juga bersyukur karena anak-anak saya dapat membantu saya dan tidak hidup dalam pergaulan yang buruk. Kebutuhan keluarga semakin banyak ditambah dengan uang kontrakan yang harus dibayar setiap bulan dan makan secukupnya itulah keluarga saya”.

Walau pun masih sangat belia Sendi terlihat sebagai anak yang bertanggung jawab. Ia lebih memilih datang ke sekolah walau pun harus berjalan kaki lebih dari 1 km dari rumahnya ke sekolah setiap hari. Dia tidak mau melewati harinya hanya dengan bermain dan bermalas-malasan dengan teman sebayanya. Malahan untuk menambah ilmu, sejak kelas 4 Paket A,  Sendi aktif mengikuti kegiatan membatik. Menurut pengakuan teman-temannya di kelasnya, Sendi adalah anak yang baik dan pintar dan selalu menjadi contoh di kelas. Mempunyai pribadi yang tenang dapat dipercaya dan juga mempunyai jiwa kepemimpinan.

Kepada gurunya, Sendi yang bercita-cita menjadi seorang youtuber ini, menceritakan harapannya, “Sebagai seorang anak saya ingin bapak saya bersama-sama lagi dengan kami, namun apapun yang terjadi pada keluarga saya, saya tetap menerima. Saya bersyukur kepada Tuhan karena sampai hari ini kami masih baik-baik saja. Saya bersyukur menjadi bagian dari sekolah OBI dimana saya belajar untuk memiliki impian walaupun saya melihat dalam keterbatasan keluarga saya namun saya yakin saya masih memiliki harapan. Setelah lulus Paket A ini saya ingin terus bersekolah sampai saya bisa membahagiakan keluarga saya.”

“Saya beryukur, anak saya Sendi masih bisa sekolah tanpa banyak membebani saya. Apalagi sudah 4 tahun ke belakang ini bapaknya tidak lagi menafkahi kami, senang sekali rasanya anak saya ini berbakti kepada orangtuanya,” begitu tambah ibunya.

Terima kasih Mitra OBI, karena pendidikan gratis yang Anda berikan lewat pelayanan OBI telah memberikan semangat hidup buat Sendi dan keluarganya dan memberikan harapan bahwa ada masa depan yang lebih baik bagi mereka.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html