Liuni Kembali Percaya Diri

  • 2021-04-06
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 98
Foto: OBI

Setelah belajar dari rumah, kebiasaan baik Liuni lama-lama berubah karena bosan.

Liuni adalah anak bungsu dari 2 bersaudara, saat ini ia duduk di kelas 3 SD. Memasuki masa pandemi dan harus belajar di rumah sempat mengubah kebiasaan baik yang dulu dilakukannya. Selama pandemi, orang tuanya mengakui tidak mendapatkan kendala yang cukup berarti dalam mengasuh Liuni di rumah. Mereka juga tidak terbeban sama sekali dengan seluruh rangkaian metode pembelajaran jarak jauh dari rumah. Dan orangtua Liuni menerima bahwa corona memang membuat anak harus stay di rumah sampai keadaan kembali normal.

Setelah berjalan hampir 9 bulan di rumah, orang tua memerhatikan ada hal yang berubah dari Liuni. Mereka mengakui kebosanan sedikit mengubah kebiasaan baik Liuni, salah satunya adalah kemalasan dan menurunnya kepercayaan diri Liuni.  

Setelah dicari tahu penyebabnya, ternyata Liuni mengharapkan segala sesuatu yang diminta dari orang tuanya harus terpenuhi, sedangkan di satu sisi ia mengetahui bahwa orang tuanya juga memiliki kesibukan dalam bekerja. 

Berkaitan dengan ini pula, Liuni mengharapkan segala sesuatu yang ia peroleh harus benar-benar memuaskan hati. Ekspektasi tersebut membuat dirinya menjadi kekurangan percaya diri dalam melakukan sesuatu.  

Lewat sharing cerita satu sama lain dan sharing nasihat satu sama lain antara guru, Liuni dan orang tua. Akhirnya Liuni merasa dirinya lebih baik, dan membuat komitmen (sebagai tugas) tentang apa yang menjadi kekurangannya dan salah satunya adalah tentang percaya diri. Dalam dalam kesempatan itu pula Liuni menerima bahwa “Percaya Diri”, membawa kita berorientasi pada usaha dan menomor duakan hasil yang sempurna. Liuni mendapat pandangan bahwa membangun percaya diri dimulai dari hal-hal kecil yang sederhana, seperti datang ke sekolah minggu, menabung di celengan, membaca buku, dan mencoba ikut bergabung ke dalam event-event yang ada.

Tentunya kunjungan para guru menjadi berkat buat Liuni untuk bisa mengembalikan rasa percaya diri Liuni dengan tidak pernah takut mencoba segala hal baik dan sederhana terlebih dahulu.   

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html