Peningkatan Ekonomi Melalui Kegiatan UMKM

  • 2021-02-16
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 40
Foto: OBI

Masalah perekonomian menjadi lebih sulit di masa pandemi ini, menggerakkan UMKM bisa menjadi salah satu solusinya.

Meskipun terlihat kecil, namun sektor Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia berkontribusi kepada kebangkitan ekonomi Indonesia, terutama di masa pandemi ini. Dilansir dari IDXChannel, terdapat tiga peran UMKM atau kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi:

1. Sarana Pemerataan Tingkat Ekonomi Rakyat Kecil.
UMKM berperan dalam pemerataan tingkat perekonomian rakyat sebab berada di berbagai tempat. UMKM bahkan menjangkau daerah yang pelosok sehingga masyarakat tidak perlu ke kota untuk memperoleh penghidupan yang layak.

2. Sarana Mengentaskan Kemiskinan.
UMKM berperan untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan sebab angka penyerapan tenaga kerja terhitung tinggi.

3. Sarana Pemasukan Devisa bagi Negara.
Sejatinya UMKM sumbang devisa bagi negara sebab pasarnya tidak hanya menjangkau nasional melainkan hingga ke luar negeri.

Namun menurut hasil Survei Kegiatan Usaha dan Sentimen Bisnis UMKM Tahun 2020 oleh BRI Micro and SME Index (BMSI), menunjukkan bahwa sebanyak 84,7 persen UMKM di Indonesia mengalami penurunan penghasilan akibat pandemi, salah satu penyebabnya ialah kurangnya pembiayaan atau modal. 

Hal inilah yang membuat OBI tergerak untuk memberikan bantuan modal bagi para keluarga di Tanah Merah, Jakarta Utara yang mengikuti pelatihan KFT (Keeping Family Together). Setelah mendapatkan pelatihan-pelatihan dalam program KFT, maka mereka akan diberikan modal usaha untuk menopang perekonomian keluarga mereka.

 

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html