OBI Nias Melatih Ketahanan Pangan Keluarga

  • 2021-01-18
  • Author : Admin
  • Views : 125
Foto: OBI

Anak-anak dan orangtua belajar bercocok tanam dan beternak lele

Akibat Pandemi covid-19 yang berkepanjangan mengakibatkan ketahanan pangan terganggu. Kondisi kritis ini dapat membahayakan stabilisasi nasional dan secara khusus di pulau Nias yang masih tergantung dari luar pulau, oleh karena jalur transportasi yang masih sulit di jangkau karena harus menggunakan transportasi laut. Kenaikan harga beras dan kebutuhan lainnya dapat memicu kerawanan sosial yang membahayakan stabilitas ekonomi dan stabilitas nasional. Yayasan obor berkat Indonesia di kepulauan Nias melalui pendidikan TK-Paud dan Sekolah dasar (SD) segera memperlengkapi diri untuk mengantisipasi keadaan tersebut sebelum hal yang menyusahkan datang.

Kegiatan yang dilakukan oleh yayasan Obor Berkat Indonesia melalui pendidikan adalah memperkenalkan dan melatih anak-anak dan orang tua untuk bercocok-tanam sayuran dan memelihara ikan lele dengan memanfaatkan lahan yang ada. Tujuan dari program ini adalah untuk mengedukasi mereka untuk menyadari betapa pentingnya bercocok tanam dan berternak ikan lele, sehingga mereka bisa melanjutkan kegiatan ini di rumah mereka masing-masing dengan memanfaatkan lahan kosong di rumah. Keuntungan yang didapatkan mereka dari program ini adalah saat panen sayur yang segar dan menikmati daging ikan lele bergizi yang baik untuk kesehatan dan pertumbuhan anak mereka.


Program ketahanan Pangan keluarga ini sudah di mulai 3 bulan yang lalu di lahan sekolah Yayasan OBI Nias dengan hasil yang memuaskan. Kemudian program ini akan di lanjutkan lagi kepada 20 keluarga yang telah di tentukan untuk tahap awal, agar program ketahanan pangan bagi keluarga-keluarga yang kurang mampu di lingkungan pendidikan obor berkat kepulauan Nias dapat merasakan manfaat dari program ini dan kemudian hal yang baik ini akan di teruskan kembali kepada Keluarga-keluarga yang kurang mampu lainnya.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html