Lebih Dekat Dengan Orang Tua Di Masa Pandemi

  • 2021-01-07
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 363
Foto: OBI

Tanpa kedua orangtuanya Eunike menyadari bahwa ia bukanlan siapa-siapa.

Eunike adalah anak ketiga dari 3 bersuadara. Ia dan kakaknya laki – laki bersekolah di SD Swasta OBI Fodo. Eunike duduk di bangku kelas 3 SD, selama merebaknya virus corona ia sudah tidak datang lagi ke sekolah karena menerapkan belajar dari rumah. Satu kali Eunike mengingat pembelajaran baik di devosi maupun pembelajaran secara konvensional di sekolah sebelum pandemi, ia mengingat bahwa mengasihi keluarga sama dengan mengasihi Allah. Eunike paham betul, keberadaannya di OBI bukan cuma sekedar menerima ilmu saja, tapi juga mengambil tanggung jawabnya mengemban karakter seorang murid/siswa yang taat.

Awalnya ketaatan adalah pergumulan terberat yang dialami Eunike, mengingat menjadi taat mengusik kenyamanannya. Akan tetapi, Eunike melihat bahwa jika bukan karena kasih sayang orang tuanya, ia tidak akan berada di OBI dan belajar sesuai kenyamanannya.

Momen pandemi ini justru membuat Eunike semakin dekat dengan orang tuanya. Matanya tercelik melihat bahwa selama ini, setelah ia diantarkan ke sekolah, orang tuanya bekerja sangat keras membanting tulang untuk menafkahi dirinya mulai dari uang sekolah sampai pada kebutuhan makan sehari-hari. Ia pun mulai belajar hal-hal sederhana yang bisa meringankan beban orang tuanya. Belajar menyapu, mengepel, mencuci piring, mencuci dan menjemur pakaian kotor serta membereskan barang-barang yang sempat dipakai dikembalikan ke tempatnya.

Tentu hal ini menjadi kesaksian orang tua Eunike yang sangat memberkati mereka, bahwa Eunike sejatinya menjadi salah satu dari sekian banyak anak yang mampu memanfaatkan pandemi ini untuk memberkati orangtuanya. Sehingga orangtuanya pun benar-benar merasa lega dan bersukacita, meskipun pandemi menekan penghasilan orangtuanya oleh karena keterbatasan (social distancing) yang diterapkan.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html