OBI Menolong Perekonomian Keluarga dengan Memberikan Modal Usaha

  • 2020-12-21
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 178
Foto: OBI

Penghasilan tambahan orang tua murid PAUD OBI Tanah Merah

Masa pandemi berdampak langsung pada merosotnya ekonomi. Rakyat kecilah yang paling merasakan imbasnya, bahkan mereka sampai harus kehilangan pekerjaanya. Hal ini juga banyak dialami oleh sejumlah orangtua murid di PAUD OBI di Tanah Merah, Jakarta Utara. Melihat tantangan yang ada, mereka berinisiatif membuat usaha untuk membantu suami mereka untuk mendapat penghasilan tambahan bagi keluarga mereka.

Pada bulan Agustus 2020 yang lalu, sejumlah 5 orang ibu mulai melangkah membuat usaha. Mereka memulai usahanya dengan membuat makanan dan minuman frozen. Mulailah mereka merencanakan jenis makanan, membuat anggaran serta mencari pembeli. OBI memberikan mentoring kepada tim UKM dengan memberikan pelatihan wirausaha, dan pemberian bantuan modal usaha. Jerih lelah mereka akhirnya membuahkan hasil, mereka mulai merasakan keuntungan dari hasil usaha mereka yang didukung oleh OBI.

Ibu Endang Partini, salah seorang anggota UKM ini mengatakan, “Sekarang serba sulit, suami dirumahkan sedangkan anak saya ada 4, sebelumnya saya bingung memikirkan kebutuhan makan sehari-hari, sedangkan suami saya juga sudah pusing karena dirumahkan. Belum lagi untuk membayar uang kontrakan rumah. Rasanya memikirkannya pun saya sudah tidak sanggup. Bersyukur saya bisa bergabung dengan tim UKM OBI, sangat terasa manfaatnya. Saya bisa mendapat uang tambahan untuk membantu kebutuhan hidup sehari-hari. Selain membuat usaha bersama saya juga membuat sambal dan bawang goreng usaha saya sendiri untuk bisa dipasarkan bersama-sama.”

Ibu Suci Ariyanti, salah seorang anggota UKM juga mengungkapkan, “Melalui UKM ini saya senang bisa membantu ekonomi keluarga, suami saya kerja sebagai supir paruh waktu yang kadang jika tidak bekerja tidak mendapat uang.”

Jalan tidak selalu mulus sesuai harapan, terkadang ada saja tantangan yang harus mereka hadapi dalam menjalani usaha ini. Namun saat mereka mengingat kembali harapan dari menjalankan usaha bersama ini untuk meningkatkan perekonomian keluarga, mereka dapat tersenyum menghadapi setiap tantangan.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html