Guru TK OBI Nias #BeraniBergerak

  • 2020-12-21
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 103
Foto: OBI

Miss Merlyn Melayani Muridnya yang Kesulitan Belajar Dari Rumah

Tak dapat dipungkiri banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para guru dalam pelaksanaan program pendidikan Taman Kanak-Kanak di Kepulauan Nias. Mereka mendedikasikan hidupnya, membantu anak-anak untuk mengenali potensinya sejak dini dan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Terlebih pada masa new normal ini, tantangan yang mereka dapatkan lebih besar dari sebelumnya. 

Seperti yang dialami Miss Merlyn saat mengajar di TK OBI Nias, selama new normal berlangsung semua muridnya belajar online dari rumah. Namun tidak seperti  anak-anak yang lain, salah satu muridnya yang bernama Fernanda Almeta Gea (Nana, 5 tahun) mengalami kesulitan saat belajar dari rumah. Kedua orangtua Nana sangat sibuk bekerja dan selalu pulang ke rumah saat larut malam. Seringkali Nana dengan harap cemas menantikan kedua orangtuanya untuk pulang dan membantunya untuk belajar, tetapi hasilnya nihil. Malahan seringkali Nana harus mendengar pertengkaran antara ayah dan ibunya, yang mempersoalkan tanggung jawab untuk mengajarnya.

“Kalau saya berhenti bekerja, mau kasih makan apa anak saya? Penghasilan suami saya juga pas-pasan, saya harus turun tangan membantunya,” ucap Ibu Sadawati Bate’e (ibunya Nana).

Suatu hari orangtua Nana menemui Miss Merlyn untuk berdiskusi dan mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi Nana. Mereka menceritakan keluh kesah mereka, akan keterbatasan waktu mereka untuk mendidik Nana di rumah, sementara mereka harus bekerja. Mereka tidak ingin mengorbankan kebutuhan pendidikan Nana, tetapi tetap dapat bekerja. Miss Merlyn menjadi iba dan berbelas kasihan pada Nana dan akhirnya menyanggupi untuk meluangkan waktu mengajari Nana di sekolah.

Sekarang, kerinduan Nana untuk bisa belajar akhirnya terjawab sudah. Saat ibunya hendak berangkat ke tempat kerja, ibunya mengantar Nana ke sekolah dan pada sore hari ayahnya yang akan menjemputnya. Orangtua Nana melakukannya secara bergantian. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, proses belajar antara Nana dan Miss Merlyn bisa terlaksana dengan baik.

Dengan semangat dan tekad untuk melayani yang dimiliki oleh para guru, menjadikan guru-guru TK OBI di Kepulauan Nias #BeraniBergerak, menciptakan kesempatan dan kreatifitas agar anak-anak bisa menikmati pendidikan sekali pun harus belajar dari rumah. Hal ini menjadi tantangan dan sekaligus kesempatan dalam membentuk dan membangun peran dan kerjasama antara guru dan orangtua siswa.

 

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html