HOUSE OF ART OBI: Bekali Siswa dengan Kegiatan Ecoprint

  • 2020-11-06
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 234
Foto: OBI

Walaupun kegiatan ini terlihat sederhana, namun ecoprint membutuhkan ketelitian, keseriusan, dan ketekunan. Karena pada saat memukul daun, kita harus mengikuti pola daun itu sendiri, dimana setiap daun memiliki serat.

Ecoprint adalah proses memindahkan daun ke atas kain sehingga membentuk pola daun pada kain sesuai bentuk aslinya. Ecoprint ini memiliki 2 teknik, yaitu dipukul atau di-pounding dan dikukus. Dan pewarnaan yang digunakan pada kain yang sudah di-eco adalah menggunakan  pewarna alami yang terbuat dari kayu pohon, seperti kayu secang, mahoni dan lainnya yang dapat dijadikan warna.

Kegiatan ini diperkenalkan kepada siswa House Of Art, sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) OBI, menjadi salah satu materi dalam membatik, sekaligus memperkenalkan siswa bahwa apa yang disediakan alam dapat dibuat menjadi sebuah karya yang indah. Pewarna yang digunakan adalah pewarna alam, sebagai salah satu wujud  menjaga bumi agar tidak terjadi pencemaran lingkungan. 

Salah seorang siswa yang mengikuti kegiatan ini yaitu Silvi, sudah 3 bulan mengikuti kelas ecoprint ini  dan ia sangat menyukai kegiatan ini. Walaupun kegiatan ini terlihat sederhana, namun ecoprint membutuhkan ketelitian, keseriusan, dan ketekunan. Karena pada saat memukul daun, kita harus mengikuti pola daun itu sendiri, dimana setiap daun memiliki serat. Jika pada saat memukul tidak sabar dan tidak teliti, maka hasil akhirnya tidak akan maksimal. Pola daun tidak seperti aslinya ketika diatas kain. Kegiatan ini juga dapat menjadikan siswa menjadi lebih kreatif, hasil dari kreasi pembuatan ecoprint bisa dijual untuk mendapatkan penghasilan.

“Suka sekali dengan Eco Print, menambah wawasan saya betapa kayanya alam menyediakan ilmu dan seni yang melimpah,“ ungkap Silvi dengan bersemangat di House Of Arts OBI.

 

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html