Tim Penanggulangan Bencana OBI Untuk Korban Gempa di Aceh

Show English Version

  • 2013-07-09
  • Author : Rinda
  • Views : 1476
Tim Penanggulangan Bencana OBI Untuk Korban Gempa di Aceh

Memasuki hari ketujuh setelah gempa bumi berkekuatan 6,2 Skala Richter mengguncang Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Bener Meriah, Aceh, sebanyak 52.113 jiwa atau sekitar 12.301 Kepala Keluarga (KK) masih mengungsi.

Status tanggap darurat masih berlanjut hingga 17 Juli dan bisa saja diperpanjang. Kerusakan rumah mencapai 16.019 unit, di mana 6.178 rumah rusak berat, 3.061 rumah rusak sedang, dan 6.780 rumah rusak ringan (http://news.okezone.com)

Tim Penanggulangan Bencana OBI tiba di Aceh, Sabtu 6 Juli 2013. Tim yang terdiri dari 3 dokter umum, 1 perawat dan 1 media bergerak ke Desa Rejewali, Kecamatan Ketol dan memberikan bantuan medis berupa pengobatan dan pemberian selimut serta makanan untuk korban gempa di tenda pengungsian.

“Keadaan rumah sudah tak bisa ditempati. Waktu gempa datang, saya lagi di sawah dan anak-anak sedang bermain di luar. Semua barang-barang sudah berjatuhan di lantai, tembok rumah sudah runtuh. Mulai hari selasa, kami sudah mengungsi karena rumah tak bisa lagi ditinggali. Ada rasa trauma melihat keadaan rumah, apalagi melihat tempat ibadah sudah rubuh. Sekarang, tak bisa lagi kami sembahyang padahal sudah menjelang bulan ramadhan. Sedihlah rasanya, sekarang keadaan kami begini. Tapi kami masih bersyukur karena masih ada yang peduli. OBI datang jauh-jauh dari Jakarta menengok kami dan memberikan bantuan pengobatan. Kami berterimakasih sekali.” Suharneti (43 Tahun).

“Saat kejadian saya sedang di luar rumah, main-main dengan anak saya. Waktu gempa datang, saya lihat rumah itu loncat – loncat, cepat sekali seperti kilat saja. Hanya berapa detik, lalu roboh rumah saya dan tak bisa ditinggali lagi. Sekarang hanya bisa tinggal di pengungsian ini dan mulai terserang sakitlah kami ini. Batuk – batuk, gatal di kulit dan masuk angin. Saya berterimakasih sama OBI, karena sudah datang dan mengobati kami.” M. Ali (60 Tahun). 

 

(Catatan: Di Desa Rejewali, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, sejumlah 97 korban gempa dilayani (8/7). Tercatat, sejumlah 24 orang tewas dan 4 orang belum ditemukan. Sejumlah 2860 rumah rusak parah, 24 mesjid rusak dan 4 kecamatan; Ketol, Kute panang, Celala dan Silih Nara dinyatakan rusak).

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html