Mengapa Masalah Gizi Masih Menjadi Perhatian OBI Di Pulau Nias?

  • 2020-05-11
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 113
foto : obi

"Yang sering kita dapatkan di lapangan, banyak anak-anak gizi kurang dan gizi buruk di pulau ini, sehingga masalah ini menjadi salah satu kebutuhan juga yang harus diperhatikan. Kita bisa saja menutup mata dan melakukan program lain, tetapi kita tidak tega melihat anak-anak yang tidak makan dan kurus. OBI turun ke desa-desa, ke pelosok-pelosok pulau ini, dan melihat masalah gizi masih menjadi masalah yang utama, terlebih karena terkait dengan masalah kemiskinan," (Joni Arianto Nazara, Project Koordinator OBI Nias)

Kebutuhan gizi merupakan salah satu kebutuhan yang vital bagi seorang anak. Asupan gizi akan ikut menentukan bagaimana perkembangan fisik anak. Kekurangan asupan gizi dapat menyebabkan proses pertumbuhan anak terhambat. Hal ini tentu tidak dapat disepelekan karena anak-anak adalah penerus generasi yang harus dilindungi sampai tiba saatnya mereka mandiri dan dewasa.

 

Sayangnya, tak semua anak bisa menikmati asupan gizi yang baik sepanjang usia pertumbuhannya. Kemisikinan menjadi salah satu faktor penyebab utama masalah gizi bagi anak-anak, salah satunya di Pulau Nias, Sumatera Utara. Tak sedikit anak-anak yang mengalami masalah gizi di daerah-daerah pedalaman di pulau ini. Masalah gizi ini kemudian menjadi lebih kompleks karena terkait juga dengan berbagai faktor lainnya yang ikut mempengaruhi. Minimnya pengetahuan orang tua seputar masalah gizi dan kesehatan anak, banyaknya anak, kurangnya lapangan kerja, keterbatasan akses di pelosok, gaya hidup yang kurang sehat, dan mitos masyarakat setempat nyatanya ikut memperparah masalah gizi yang disebabkan oleh masalah kemiskinan.

 

Karena itu, untuk mengatasi masalah gizi di Nias memang membutuhkan upaya yang serius dan berkelanjutan dalam kemitraan dengan pemerintah dan lembaga lainnya. Kita tidak cukup hanya mengintervensi anak penderita masalah gizi dan mengabaikan faktor orang tua yang juga berperan penting. Obor Berkat Indonesia menyadari betul hal ini dan telah mengambil bagian. Sejak tahun 2006 sampai saat ini, Obor Berkat Indonesia belum berhenti untuk menolong anak-anak penderita gizi buruk dan kurang gizi di Pulau Nias. Satu tujuan yang ingin dicapai, yaitu melihat anak-anak di Pulau Nias bebas dari masalah gizi dan bisa bertumbuh maksimal untuk menjadi penerus generasi membangun bangsa di pulau ini.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html