OBI & Bencana Alam Awal 2014 Di Indonesia

Show English Version

  • 2014-08-20
  • Author : Yuliana Martha Tresia N
  • Views : 1531
OBI & Bencana Alam Awal 2014 Di Indonesia

Baru selasa kemarin (12/08/2014), status Gunung Slamet naik satu level menjadi level siaga. Gunung Slamet ini berada di wilayah Banyumas, Purbalingga, Tegal, Pemalang, dan Brebes.

Berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, sepanjang 1-11 Agustus 2014 saja, terekam sebanyak 474 kali gempa letusan atau 43 kejadian per harinya dari Gunung Slamet. Aktivitas yang meningkat dari Gunung Slamet ini sebenarnya masih dalam tahap aman sejauh radius 4 kilometer—tapi aktivitas gunung api ini mengingatkan kita akan Gunung Sinabung dan Gunung Kelud yang meletus di awal tahun 2014 ini.

 

Sudah beberapa bulan berlalu semenjak kedua gunung ini meletus dan membuat banyak warga yang tinggal di sekitar gunung harus mengungsi. Di saat yang nyaris bersamaan, terjadi pula bencana alam banjir di Jakarta dan Manado, yang bahkan menelan korban jiwa. Masyarakat Indonesia banyak yang mengalami kesusahan dan penderitaan.

 

Di saat-saat bencana itulah, Obor Berkat Indonesia pun berjuang untuk bisa memberikan bantuan medis dan barang-barang kebutuhan bagi para korban. Untuk bencana alam yang terjadi di awal tahun 2014 ini di Indonesia, ada sekitar 22.280 orang korban bencana alam yang mendapat pelayanan medis. Selain itu, ada sekitar 3.973 paket yang disalurkan OBI untuk para korban bencana alam. Ribuan paket ini terdiri dari paket keluarga, paket pendidikan, paket sarung/selimut, paket makanan dan pakaian, paket perlengkapan kebersihan, serta paket perlengkapan bayi.

 

Tidak ada yang ingin mengalami bencana alam dan berharap bencana alam akan datang. Tidak ada yang menyukai penderitaan. Hanya saja, ketika terpaksa ada dari kita yang harus mengalaminya, betapa rasa empati mendalam yang dibuktikan dengan kesigapan untuk menolong sangat diperlukan. Mari terus menolong orang lain bersama Obor Berkat Indonesia.

Tags : Emergency
Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html