Uluran Tangan Untuk Warga Desa Bolapapu

  • 2020-04-16
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 139
OBI: Banjir Bandang Palu

Banjir Bandang di Desa Bolapapu membuat banyak kerugian dan kerusakan juga sedih yang mendalam bagi seluruh warganya.

Kamis, 12 Desember 2019 banjir bandang terjadi di Desa Bolapapu, Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Desa Bolapapu sendiri berjarak sekitar 70 km dari Kota Palu. Banjir bandang ini membawa material lumpur, bebatuan, kayu yang menyebabkan beberapa rumah rusak berat, serta dua orag tewas yaitu Yan Kristison Bambarehi (50 tahun) dan anaknya Riski (11 tahun). Keduanya ditemukan tewas terperangkap dalam rumah diduga karena tidak sempat menyelamatkan diri. Setelah banjir selesai, lumpur yang menutupi badan jalan cukup tinggi.

Pada hari Jumat, 20 Desember 2020 tim OBI yang terdiri dari volunteer dan guru sekolah minggu menuju Desa Bolapapu untuk menyerahkan bantuan. Bantuan berupa paket bantuan (sembako, alat kebersihan, alat rumahtangga), paket yang diberikan sebanyak 130 paket (sesuai dengan jumlah Kepala Keluarga yang ada diDesa Bolapapu). Paket ini dibagi menjadi 3 kelompok, sebagai berikut.

- Paket pertama berjumlah 3 paket, diperuntukkan untuk Kepala Keluarga yang rumahnya hancur dilanda banjir bandang.

- Paket kedua sebanyak 47 paket, diperuntukkan untuk Kepala Keluarga yang mengalami rusak berat akibat banjir bandang.

- Paket ketiga terdiri dari 80 paket, diperuntukkan untuk kelurga yang rumahnya rusak sedang dan ringan.

Selain memberikan paket bantuan, tim OBI juga menyalurkan 2 tandon air kapasitas 2000 liter. Satu tandon air ini dipasang di desa tersebut pada dapur umum dan selama 5 hari air bersih akan dipastikan selalu tersedia untuk warga sekitar karena mereka sedang kekurangan air bersih buat membersihkan rumah mereka dari material lumpur yang telah mengendap dan untuk kebutuhan sehari-hari. Air bersih ini diambil dari sungai sekitar yang airnya tidak tercemar. Selain itu mobil yang membawa tandon air setelah mengisi tandon yang berada pada dapur umum, mobil ini berkeliling membantu masyarakat sekitar membersihkan lingkungan desa dari material yang dibawa oleh banjir bandang tersebut.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html