Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual Anak Di PAUD OBI Tanah Merah

Show English Version

  • 2014-05-15
  • Author : Yuliana Martha Tresia N
  • Views : 1847
Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual Anak Di PAUD OBI Tanah Merah

Kasus kekerasan seksual pada anak akhir-akhir sedang marak. Banyak yang mulai terungkap satu-persatu di media massa.

Kasus pemerkosaan terhadap banyak anak-anak di TK JIS (Jakarta International School), merupakan kasus yang terparah yang membuat masyarakat, apalagi para orang tua, kuatir akan keselamatan anak-anaknya. Kasus ini sungguh meruntuhkan kepercayaan masyarakat terhadap dunia pendidikan di Indonesia.

Karena itulah, PAUD OBI yang berkarya di Tanah Merah, Jakarta Utara, memberikan sosialisasi mengenai pencegahan kekerasan seksual anak kepada para orang tua murid dalam acara Parents Meeting, kamis, 8 Mei 2014 lalu. Sosialisasi ini dibawakan oleh Bobby, selaku Koordinator PKBM A dan B OBI Tanah Merah. Memulai sosialisasinya, Bobby meyakinkan orang tua murid kalau PAUD OBI Tanah Merah aman dan bisa dipercaya. Seluruh guru, yang berjumlah lima orang, merupakan guru-guru yang berintegritas dan terbina baik secara moral-dan-religius. Bukan hanya itu, Bobby juga mengajak para orang tua untuk ikut lebih waspada dan memperhatikan anak-anaknya ketika berada di luar sekolah atau di luar rumah. Salah satu tindakan nyata yang dicontohkan Bobby, yaitu orang tua diharap harus menjemput anaknya untuk pulang dari PAUD OBI. Hal ini demi mencegah kemungkinan anak diganggu oleh para penjahat seksual di luar sekolah.

Kemudian, Bobby juga menekankan pentingnya kesiagaan orang tua, apalagi para ibu, untuk menjaga anak-anaknya dari kekerasan seksual yang mungkin bisa saja dialami anak di lingkungan rumah dan keluarga sendiri. Hal ini disampaikan mengingat kasus-kasus pelecehan seksual juga banyak yang dilakukan oleh para ayah (kandung maupun tiri) terhadap anaknya.

Anak merupakan generasi penerus bangsa. Hal inilah yang harus diingat para pendidik dan orang tua, sehingga menjaga anak dari tindakan kekerasan seksual adalah hal urgensi yang harus diperjuangkan saat ini. Dengan sosialisasi ini, kita berharap anak-anak di PAUD OBI Tanah Merah dapat lebih terlindungi dari kekerasan seksual.

Tags : Education
Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html