KEEPING FAMILY TOGETHER: MENJAGA ANAK, MENJAGA KELUARGA

  • 2016-11-23
  • Author : Yuliana Martha Tresia N
  • Views : 1624
foto : obi

Keluarga merupakan tempat perlindungan utama seorang anak. Di dalam keluarga, hak dan kebutuhan anak dipenuhi dan dilindungi. Tanpa keluarga yang berfungsi dengan baik, anak tentu kehilangan bagian terpenting dalam kehidupannya. Tidak ada yang melindungi dan mempersiapkan anak untuk bertumbuh dan menghadapi masa depan. Karena itu, ketika keluarga berperan sangat penting bagi anak, maka penting juga bagi kita untuk ikut melindungi keluarga.

 

Pada kenyataannya, Obor Berkat Indonesia merasakan kebutuhan ini sangat mendesak, secara khusus bagi anak-anak dari keluarga prasejahtera di Tanah Merah, Jakarta Utara. Dengan kondisi perekonomian keluarga yang sangat terbatas dan berada di bawah garis kemiskinan, banyak anak yang kurang terurus. Tak sedikit juga yang hidup tanpa ibu atau tanpa ayah, karena perceraian atau kehilangan. Keluarga jadi tak maksimal menjalankan fungsinya. Akibatnya, banyak anak yang tidak menikmati hak perlindungan. Putus sekolah, hidup di jalanan, terpapar pergaulan bebas, masuk panti asuhan—berbagai kasus yang terjadi membuktikan bahwa melindungi anak harus juga disertai dengan melindungi keluarga. Melindungi anak tanpa melindungi keluarga tetap akan menempatkan anak dalam posisi riskan.

 

Mengembalikan fungsi keluarga itulah tujuan utama program Keep Family Together (KFT) dari Obor Berkat Indonesia. Obor Berkat Indonesia ingin keluarga-keluarga kembali utuh dengan orang tua dan anak yang bersatu di dalam rumah, dengan orang tua yang menunaikan tanggung-jawabnya untuk mendidik dan menafkahi anak, dengan anak-anak yang terpenuhi haknya dan dapat mengabdi kepada orang tuanya. Program baru ini sudah dirintis sejak 29 April 2016 dan memang berfokus kepada keluarga-keluarga rentan, yaitu keluarga dengan kondisi ekonomi sulit atau keluarga single parent dengan ibu sebagai kepala rumah tangga.

 

Demi menolong dan melindungi anak serta keluarga, KFT melakukan pendampingan untuk memperkuat keluarga anak yatim piatu dan keluarga rentan melalui pelatihan pengembangan holistik, bantuan peningkatan pendapatan melalui bantuan modal usaha, pendidikan anak, dukungan psikososial, serta bantuan kesehatan. Kegiatan pendampingan dilakukan setiap hari, ditambah dengan Training Day dan Fun Family Day setiap bulannya. Pendekatan holistik ditekankan karena Obor Berkat Indonesia ingin melindungi keluarga secara menyeluruh dari berbagai sisi yang dibutuhkan.

 

Saat ini, ada 8 keluarga yang dibina Obor Berkat Indonesia dalam program KFT. 8 keluarga ini terdiri dari 11 orang tua dan 22 anak-anak.Seperti visi program KFT untuk menjaga dan melihat setiap anak yatim dan rentan menjadi bagian dari sebuah keluarga yang penuh kasih dan hidup sejahtera, Obor Berkat Indonesia sangat berharap program KFT ini dapat membawa keluarga-keluarga binaan mengalami perubahan yang positif dan signifikan. Obor Berkat Indonesia juga berharap, melalui program KFT, keluarga binaan benar-benar dapat memainkan kembali fungsi dan perannya dengan baik untuk anak-anak mereka.

 

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html