Bapak Suradi Sembuh Dari Hernia

  • 2016-08-07
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 1745
foto : obi

Suradi (45), ayah dari dua orang anak yang tinggal di Desa Widodaren ini sejak 1989 telah menderita hernia. Kendatipun sempat menjalani operasi secara mandiri di tahun 2009, rupanya hernia yang pernah ia derita muncul kembali. Hal yang ia alami itu bukanlah tanpa sebab, karena terus bekerja keras menguras tenaga dan fisik untuk bertahan hidup bersama keluarganya, sejak 2014 hernianya kambuh.

 

Sehari-hari bapak Suradi menggantungkan hidupnya dari pendapatan sebagai kuli panggul di pasar tradisional. Tetapi pendapatannya sebagai kuli panggul tak serta merta dapat mencukupi kebutuhan hidup keluarganya. Setiap sore ia mencari batu di sungai dan menjualnya untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

 

Seperti yang diungkapkan oleh dokter umum Obor Berkat Indonesia dr.Anna Silalahi bahwa pasien hernia yang telah menjalani operasi dan dinyatakan sembuh tidak dianjurkan untuk melakukan pekerjaan yang berat, misalnya dengan mengangkat beban berat dalam satu kali sekaligus.

 

“Pasien post operasi hernia secara genetika memiliki kelemahan pada dinding perut, sehingga meskipun telah dioperasi, ia harus menjaga pola hidup dengan tidak mengangkat barang-barang berat supaya terhindar dari kambuhnya hernia. Namun jika terpaksa dilakukan, lebih baik mengangkat beban berat secara bertahap dengan mengurangi beban yang diangkat,” tegasnya dalam wawancara langsung.

 

Ketika mengetahui bahwa ia kembali menderita hernia dan harus menjalani operasi, bapak Suradi merasa sangat menyesal. Terlebih ketika hernianya kambuh, ia tak mampu lagi bekerja seperti biasa karena ia merasakan sakit disekujur tubuhnya. Saat itulah Bapak Suradi hanya bisa menerima keadaannya dan tidak berniat untuk menjalani operasi karena terkendala biaya.

 

Pada bulan Juli 2016, seorang kader Obor Berkat Indonesia berkunjung ke Desa Widodaren, Ngawi untuk membagikan informasi operasi hernia gratis. Mendengar informasi itu, Pak Suradi merasa sangat lega karena mendapatkan setitik harapan untuk sembuh. Ia kemudian segera mendaftarkan dirinya dan memenuhi seluruh persyaratan yang diwajibkan mulai dari dokumen dan proses skrining.

 

“Saya merasa sangat bahagia mendengar informasi itu. Setidaknya harapan kesembuhan itu ada untuk saya, dan saya bisa kembali bekerja dengan lancar untuk biaya hidup keluarga saya. Apalagi operasi ini tidak dipungut biaya sepeserpun, ini benar-benar bantuan yang sangat berarti bagi hidup saya,”

 

Pada tanggal 6 Agustus 2016, Bapak Suradi berhasil menjalani operasi bersama 29 penderita hernia lainnya di RS Islam AT-TIN, Ngawi. Betapa bersyukurnya Bapak Suradi setelah sembuh dari hernia berkat operasi massal gratis yang diselenggarakan oleh OBI. Bapak Suradi kini telah kembali bekerja seperti biasa dan menjaga pola hidupnya sesuai anjuran dari dokter.

 

Ia berharap, akan ada banyak lagi orang yang mendapatkan bantuan operasi gratis, sebab bantuan operasi gratis bagi masyarakat golongan prasejahtera seperti ini memberikan manfaat dan dampak yang sangat besar bagi mereka yang mendapatkan pertolongan.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html