Pelepasan Siswa PAUD OBI, Tanah Merah

  • 2016-06-20
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 2019
Foto : OBI/Andrew

Mengangkat tema "Bless The Parents", Paud OBI Tanah Merah, Jakarta Utara menyelenggarakan acara pelepasan siswa PAUD OBI yang disertai dengan pembagian Surat Tanda Tamat Belajar bagi 18 siswa. Acara yang berlangsung di ruang kelas PKBM OBI pada 17 Juni 2016 ini juga turut mengundang orang tua siswa untuk menjalin keakraban serta memberikan pengetahuan seputar pentingnya peran orang tua terhadap perkembangan pendidikan anak.

Dimulai pada pukul 8:00 WIB, kegiatan ini dibuka dengan pentas baca puisi dari kelompok siswa. Di sesi selanjutnya, Esther Yunita Linda memberikan presentasi tentang peranan orang tua dalam tumbuh kembang anak. Selain itu, video motivasi juga ditayangkan guna memberikan pengertian bagi seluruh orang tua dan siswa bahwa pendidikan merupakan salah satu kunci utama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Meigy Inkai Rompis selaku Kepala PAUD OBI mengungkapkan bahwa, orang tua merupakan pendidik utama yang bertanggung jawab memberikan dorongan dan motivasi bagi perkembangan anaknya. hal ini dikarenakan waktu yang dihabiskan anak bersama orang tua cenderung lebih banyak daripada waktu yang dihabiskan anak bersama guru di sekolah. Dukungan pendidikan yang dapat diberikan orang tua misalnya dengan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di rumah, menerapkan waktu khusus belajar bagi anak yang disertai pendampingan ketika anak sedang belajar, dan memberikan motivasi kepada anak supaya lebih semangat dalam belajar.

“Komunikasi antara guru dan orang tua juga harus terjalin dengan baik supaya orang tua mengetahui metode yang diajarkan guru ketika di sekolah. Sehingga pendampingan orang tua ketika anak belajar di rumah sesuai dengan metode yang diterapkan di sekolah,” tambahnya.

Di akhir acara, orang tua, siswa, dan pengajar membentuk kelompok untuk saling bertukar pikiran. Sesi ini menjadi bentuk evaluasi untuk menemukan hambatan yang dialami siswa dan orang tua melalui diskusi bersama. Selanjutnya, para pengajar berperan memberikan solusi yang dapat ditempuh orang tua untuk mengatasi hambatan yang ada.

“Harapan saya kedepan, siswa yang lulus dapat melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya, dan semoga setiap motivasi serta pesan yang disampaikan dalam acara ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Meigy mengakhiri wawancara.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html