Ingin Tahu Lebih Banyak Mengenai Pelayanan Medis Gigi OBI?

Show English Version

  • 2016-05-31
  • Author : Yuliana Martha Tresia N
  • Views : 3952
Foto : OBI

Tahukah Anda bahwa pelayanan medis gigi merupakan salah satu fokus pelayanan sosial-medis Obor Berkat Indonesia bagi kelompok masyarakat prasejahtera? Pelayanan medis gigi memang merupakan salah satu kebutuhan masyarakat prasejahtera. Sayangnya, karena beberapa faktor penyebab, kebutuhan ini sering diabaikan atau tidak diprioritaskan. Karena itu, OBI hadir untuk menjadi salah satu jawaban bagi kebutuhan masyarakat prasejahtera tersebut.

Mengapa Pelayanan Medis Gigi?

 

Masalah biaya dan minimnya pemahaman tentang kesehatan gigi menjadi dua faktor penyebab utama mengapa masyarakat prasejahtera cenderung mengabaikan kebutuhan medis gigi. Pelayanan medis gigi memang dianggap lebih mahal dibandingkan pelayanan medis umum biasa oleh masyarakat prasejahtera. Apalagi, jika langsung mengunjungi dokter gigi yang membuka praktik mandiri. Karena itu, kebutuhan medis gigi pun berat untuk mereka penuhi. Di samping itu, masyarakat prasejahtera kurang memahami kebutuhan medis gigi mereka. Tak banyak yang paham mengenai pentingnya masalah kesehatan gigi dan perawatan gigi.

 

Disinilah Obor Berkat Indonesia hadir untuk menolong kebutuhan medis gigi masyarakat prasejahtera. Obor Berkat Indonesia mendedikasikan diri untuk dapat memberikan pelayanan medis gigi yang berkualitas, tetapi tetap terjangkau bagi masyarakat prasejahtera. Melalui edukasi kesehatan gigi yang diberikan, Obor Berkat Indonesia juga berharap masyarakat prasejahtera sedikit demi sedikit akan dapat mengerti pentingnya memperhatikan kesehatan gigi. Jadi, masyarakat prasejahtera tidak tereksklusi dari pelayanan medis gigi yang berkualitas.

 

 

Pelayanan Medis Gigi OBI Untuk Anak Dan Dewasa

 

Sama seperti yang ditemukan hampir di setiap klinik gigi, masalah yang paling sering dikeluhkan oleh pasien di pelayanan medis gigi OBI antara lain masalah gigi berlubang, gigi goyang, dan karang gigi. Untuk setiap masalah gigi yang berbeda, tentu diberikan tindakan yang berbeda. Begitupula untuk kategori usia yang berbeda, pelayanan medis gigi yang diberikan juga berbeda.

 

Untuk pasien anak, dokter gigi OBI lebih banyak melakukan edukasi dan menjalin interaksi, seperti memperkenalkan alat-alat pemeriksaan gigi dan melakukan pemeriksaan tanpa tindakan. Hal ini penting dilakukan untuk perkenalan kepada anak, sehingga anak tidak takut datang ke dokter gigi. Namun, jika diperlukan dan jika anak sudah lebih berani, tidak menutup kemungkinan untuk dokter gigi OBI melakukan tindakan penambalan dan pencabutan gigi. Setiap tindakan yang dilakukan harus disertai dengan persetujuan dan pendampingan orang tua atau wali anak.

 

 

Untuk pasien dewasa, OBI memberikan pelayanan medis gigi berupa : pemeriksaan, konsultasi kesehatan gigi, edukasi kesehatan gigi, tindakan penambalan dan pencabutan sederhana.

 

 

Fasilitas Pelayanan Medis Gigi OBI

 

Obor Berkat Indonesia memiliki dua klinik gigi, yang berada di Cikarang, Jawa Barat dan Pulau Nias, Sumatera Utara. Obor Berkat Indonesia juga memberikan pelayanan medis gigi di bakti sosial pengobatan gratis yang dilakukan di berbagai wilayah di Indonesia.

 

Demi pelayanan medis gigi yang terbaik, OBI menyediakan fasilitas lengkap, baik di klinik maupun di kegiatan bakti sosial di lapangan. Ada beberapa kekhasan OBI dalam pelayanan medis gigi yang dilakukan di bakti sosial pengobatan gratis di berbagai wilayah di Indonesia :

 

1. OBI memiliki layanan penambalan gigi sinar dengan bahan tambalan sewarna gigi, yang paling banyak digunakan untuk penambalan gigi depan (bisa juga pada gigi belakang). Ini dilakukan karena OBI menyadari bahwa sisi estetik dan sisi kuratif harus diperhatikan secara seimbang di dalam pelayanan medis gigi.

 

2. OBI menggunakan alat suntik Citoject dengan jarum yang kecil dan halus untuk tindakan pencabutan gigi, yang akan meminimalisasi efek tidak nyaman bagi pasien.

 

3. OBI menggunakan kursi pasien yang bisa diposisikan sampai hampir posisi tidur, beserta lampu standinguntuk menerangi area kerja mulut pasien.

 

4. OBI menggunakan dental unit portable, yang dapat dilepas dan dipasang sehingga fleksibel untuk dibawa dalam pelayanan gigi kemanapun. Tak hanya itu, OBI juga melengkapinya dengan kompresor dengan kualitas sama seperti yang dipakai di klinik gigi.

 

5. OBI menggunakan pouch untuk melindungi peralatan agar tetap steril dan terhindari dari kontaminasi udara luar saat kegiatan bakti sosial pengobatan gratis.

 

Untuk menangani beberapa pasien yang menggunakan dental unit portable, kami juga menggunakan face shield atau pelindung muka untuk proteksi operator.

 

Selain menggunakan cairan steril, untuk sterilisasi OBI juga menggunakan Sterilisasi Autoclave, yaitu sterilisasi dengan pemanasan dan tekanan.

 

Di klinik gigi OBI, adapula pelayanan pembersihan karang gigi dan perawatan saluran akar gigi. Seluruh alat yang digunakan sama lengkapnya, tetapi tentu saja klinik gigi memakai dental unit yang standar dipakai di klinik-klinik gigi.

 

Semua ini disediakan Obor Berkat Indonesia demi memberikan layanan terbaik bagi pasien dan juga bagi para operator (dokter gigi), termasuk para dokter relawan yang ikut bergabung bersama OBI di lapangan. “Fasilitas yang baik tentu akan sangat menolong setiap operator untuk dapat bekerja senyaman mungkin, sehingga pelayanan yang diberikan dapat bermanfaat secara maksimal bagi setiap pasien,” kata drg. Ardiles Marpaung, Supervisor Medis Gigi Obor Berkat Indonesia.

 

Ke depannya, pelayanan medis gigi Obor Berkat Indonesia akan ditambah pula dengan Pelayanan Penyuluhan Kesehatan Gigi. Pelayanan Penyuluhan Kesehatan Gigi ini akan fokus kepada anak-anak, secara khusus yang berasal dari keluarga prasejahtera. Obor Berkat Indonesia semakin menyadari bahwa anak-anak dari keluarga prasejahtera pun butuh ditolong untuk memahami pentingnya kesehatan gigi sejak dini dan untuk mulai menjaga kesehatan giginya.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html