Pendidikan Karakter Bagi Siswa PAUD OBI Tanah Merah

Show English Version

  • 2016-02-02
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 2834
PAUD OBI Tonjolkan Pendidikan Karakter

Pernahkah Anda mendengar tentang pendidikan karakter pada usia dini? Inilah yang menjadi topik pembahasan para pemerhati pendidikan di Indonesia saat ini.

Pada usia di bawah 6 tahun, otak anak sedang berkembang dan mampu menyerap berbagai macam informasi dari lingkungan sekitar tanpa memandang baik atau buruk. Pengaruh tersebut memiliki dampak terhadap perkembangan anak dari segi fisik, mental, maupun spiritual yang akan menjadi pondasi penting dalam pembentukan pribadinya kelak.

Hal ini menjadi perhatian khusus PAUD OBI di Tanah Merah, Jakarta Utara, untuk mendidik anak-anak menjadi pribadi yang berkarakter baik sejak dini. Meskipun PAUD OBI memberikan pendidikan yang sangat murah dari sisi biaya, PAUD OBI tetap memprioritaskan pendidikan berkualitas yang holistik bagi setiap anak didiknya. Anak-anak PAUD OBI dipersiapkan untuk mengenal pendidikan karakter melalui berbagai kebiasaan seperti saling menghargai, bersopan santun, berbicara yang baik, saling menyapa dan kebiasaan menjaga kebersihan.

Saat ini PAUD OBI Tanah merah memiliki 67 anak murid yang dibagi menjadi 3 kelas yang berbeda. Setiap kelasnya terdiri dari 15 anak dan terdiri dari dua shift. Kelas shift pertama berlangsung dari jam 08:00-10:00, dilanjutkan dengan kelas shift selanjutnya dari jam 10:00-12:00. Di shift kedua ini, dibuka juga kelas PAUD untuk anak-anak usia 3,5 tahun. Selain pendidikan karakter, PAUD OBI mengajarkan pelajaran utama seperti berhitung, membaca, dan Bahasa Inggris. Ada juga Kelas Motivasi yang dilaksanakan setiap seminggu sekali. Kelas Motivasi ini menghasilkan banyak hiasan dinding karya anak-anak PAUD OBI yang membuat suasana kelas menjadi lebih indah.

Pendidikan karakter yang diterapkan PAUD OBI mendapat sambutan baik dari masyarakat Tanah Merah. Terbukti sejak tahun lalu, masyarakat meminta PAUD OBI membuka kelas baru untuk umur 3,5 tahun, meskipun baru dapat diwujudkan di tahun ini. Dengan motivasi membangun generasi berkarakter yang lebih baik mulai dari usia dini, PAUD OBI akan terus berjuang bagi keluarga prasejahtara untuk memberikan pendidikan secara gratis. “Saya berharap PAUD OBI ini semakin diminati masyarakat Tanah Merah,” ujar Ms. Meggi selaku Kepala Sekolah PAUD OBI Tanah Merah.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html