Putus Sekolah, Eva Merantau ke Jakarta dan Bergabung di Sekolah Gratis OBI

  • 2022-11-16
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 199
Foto: OBI

Melalui website ini, mereka menemukan informasi tentang sekolah gratis Paket C di PKBM OBI.

Sejak berusia 15 tahun, Eva April Lyani (22 tahun) harus merantau dari daerah asalnya Cilacap menuju ke Jakarta. Hal itu disebabkan oleh kurangnya perekonomian keluarga, sehingga ia bertekad untuk membantu keluarganya.

Berbekal Ijazah SMP dan keahlian yang seadanya, Eva hanya bisa mendapatkan pekerjaan sebagai ART (Asisten Rumah Tangga) pada sebuah keluarga di wilayah Jakarta Barat. Setelah 5 tahun ia mengabdi pada keluarga tersebut, di tahun 2021 ia memutuskan untuk berhenti. Kemudian, Eva pindah bekerja pada satu keluarga di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pekerjaan barunya ini membuat Eva sangat senang, karena ia diperlakukan sangat baik seperti anak sendiri oleh majikannya. Sampai suatu hari majikannya mencari informasi dari internet tentang sekolah kesetaraan untuk Eva. Hal itu dilakukan majikannya agar Eva dapat melanjutkan ke jenjang SLTA. Kemudian, majikannya mendapatkan info dari website ini tentang adanya kelas Paket C (setara SLTA) di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) OBI yang memberikan pendidikan kesetaraan secara gratis.

Akhirnya Eva dan majikannya mencari tahu PKBM OBI dengan langsung datang ke lokasi sekolah yang terletak di Tanah Merah, Jakarta Utara. Mereka disambut baik oleh para guru, hingga akhirnya Eva mendaftar untuk mengikuti Paket C. Sejak bulan Juni 2022, ia telah tergabung menjadi siswi angkatan tahun ajaran 2022/2023 dan siap untuk mengikuti ujian kesetaraan.

Sambil bersekolah, Eva juga tetap bekerja sebagai ART. Kesempatan dan kepercayaan yang diberikan oleh majikannya dipergunakan oleh Eva dengan sebaik-baiknya. Setiap hari ia selalu bersemangat hadir di sekolah untuk mengikuti kegiatan pembelajaran.

“Saya senang bersekolah di Paket C OBI! Setiap hari saya mendapat pengetahuan yang baru. Saya paling senang dengan pelajaran Bahasa Inggris. Saya juga bercita-cita, setelah lulus Paket C saya akan dengan melanjutkan kuliah dan mengambil jurusan sastra inggris. Karena di zaman sekarang Bahasa Inggris sangat penting sekali,” tutur Eva.

Selama bergabung di sekolah OBI, Eva juga telah mengalami banyak perubahan yang positif. Ia juga merasa tidak hanya belajar untuk ujian kesetaraan saja, melainkan mendapatkan pendidikan karakter yang berguna untuk meraih masa depannya.

“Saya juga banyak mengalami perubahan di sekolah OBI. Di sini kami dilatih untuk disiplin, tertib, saling menghormati, sopan-santun dan banyak hal lain lagi. Dimana saya juga jauh dari orang tua, saya senang bisa mendapat banyak motivasi di sini. OBI telah membuka pandangan saya, sehingga sekarang saya bisa melihat masa depan yang lebih baik." Demikian ungkapan Eva.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html