Life Changing Surgery (LCS) Yang Akan Mengubah Masa Depan Yondid

  • 2022-10-14
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 325
Foto: OBI

Belajar menjadi orang tua yang lebih baik setelah mengetahui penyebab bibir sumbing pada anaknya

Biyond Affordid Zebua (5 bulan), biasa dipanggil Yondid adalah salah satu anak yang mendapatkan bantuan operasi gratis - Life Changing Surgey (LCS) dari OBI. 

Ayahnya, Anjasman Zebua (32thn) bekerja sebagai seorang penjual perabot rumah tangga di sebuah kios kecil milik orang di depan sebuah supermarket. Dari pekerjaan tersebut, ia mendapatkan gaji sebesar 800 ribuan/bulan, jika target penjualannya tercapai maka ayahnya bisa mendapat uang tambahan sekitar 1 jutaan. Sementara itu, ibunya - Niwati Gea (25 thn) adalah seorang ibu rumah tangga biasa.  Saat ini mereka tinggal di rumah kontrakan kecil di bilangan Tangerang, Banten. dan setiap bulan ayah Yondid harus menyisihkan uang untuk membayar kontrakan sebesar 500 ribu/bulan. Keluarga ini bahkan harus banyak menghemat listrik karena tidak mampu membayar tagihan.

Yondid terlahir dengan bibir yang sumbing, ia tidak bisa makan dan minum dengan benar. Yondid juga mengalami kesulitan menyusu dari ibunya karena lebih banyak ASI yang terbuang daripada masuk ke mulutnya. Hal tersebut membuat ibunya sangat khawatir dengan tumbuh kembang Yondid ke depannya.

Ketika mendapatkan informasi dari keluarga ada operasi bibir sumbing gratis yang diberikan oleh OBI untuk anak-anak, orang tua Yondid segera mendaftarkannya. Melalui konsultasi dengan dokter sebelum operasi, orang tuanya mengetahui penyebab kondisi Yondid. Hal ini mengubah pola pikir kedua orang tuanya, mereka berjanji akan menjadi orang tua yang lebih baik dengan memperhatikan pentingnya nutrisi, kehamilan, dan mengubah gaya pengasuhan anak.

"Saat saya menyusui Yondid, ASI saya banyak terbuang daripada masuk ke mulut anak saya. Setelah nanti dioperasi, saya yakin kondisinya pasti akan jauh berbeda. Anak saya akan makan dan minum lebih baik. Yondid juga akan tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri dan mampu bersosialisasi dengan teman-temannya. Ia juga akan terhindar dari ejekan karena ketidaksempurnaan penampilan fisiknya. Kami juga berkomitmen untuk mengubah pola makan Yondid dengan asupan nutrisi yang bergizi, agar ia tumbuh optimal dengan nutrisi yang cukup," terang ibunya.

Saat ini Yondid tinggal menunggu tanggal operasi yang ditentukan. Rencananya operasi untuk Yondid akan dilakukan di RS. Immanuel Bandung pada 1 November 2022. Orang tua Yondid belajar banyak untuk menjadi orang tua yang lebih baik demi pertumbuhan putra mereka. Ayah Yondid juga akan semakin semangat berjuang untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dan masa depan anaknya.

 

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html