Belajar Tentang Kejujuran di SD OBI Fodo Nias

  • 2022-10-13
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 281
Foto: OBI

Berfokus pada pembentukan karakter anak, kelas motivasi dibuat menyenangkan dengan cara menonton film yang menceritakan kisah tokoh-tokoh hebat.

Dilon Berwin Hulu (9 tahun) merupakan anak kedua dari tiga bersaudara. Teman-temannya di SD Swasta OBI Fodo, Nias, menyapanya dengan panggilan 'Dilon'. Saat ini ia duduk dibangku kelas IV SD. Kedua orang tuanya bekerja sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil di desanya.

Dilon selalu ingin menjadi anak yang disukai oleh banyak orang. Ia merasa sangat senang jika sikap dan perbuatannya mendapat pujian dari orang lain, oleh sebab itu ia berusaha aktif dalam belajar dan selalu berani mencoba berbagai tantangan yang diberikan kepadanya.

Kesenangan Dilon saat mendapatkan pujian tanpa disadari justru membuatnya menjadi anak yang sulit untuk mengakui kesalahannya, ia takut jika orang lain tidak lagi menyukainya ketika mengetahui ia berbuat kesalahan. Bahkan karena rasa takut tersebut, ia pernah sampai berbohong demi menutupi kesalahan yang diperbuatnya. Selain itu Dilon juga sangat takut mendapatkan konsekuensi ketika kesalahannya diketahui orang lain.

Hal tersebut membuat orang tua Dillon jadi sulit mempercayainya. Mengetahui hal tersebut, guru-guru di sekolah OBI mengajak Dilon berbicara dan memberikannya nasihat, kemudian mengajaknya mengikuti kelas motivasi. Berfokus pada pembentukan karakter anak, kelas motivasi dibuat menyenangkan dengan cara menonton film yang menceritakan kisah tokoh-tokoh hebat.

Setelah beberapa kali mengikuti kelas motivasi di sekolah OBI, ada kisah tokoh yang menginspirasinya. Dilon menjadi sadar akan perbuatannya selama ini, ia terlalu takut akan terlihat buruk di depan orang lain sehingga lebih memilih untuk berbohong. Akhirnya, ia memberanikan diri mengakui kesalahan yang pernah diperbuat kepada orang tua maupun teman-temannya. Kini, bukan hanya karakter Dilon yang berubah menjadi lebih baik, tetapi ia juga berani membagikan pembelajaran yang didapatkan di kelas motivasi kepada keluarganya.

Orang tua Dilon mengucapkan terima kasih kepada para guru-guru di sekolah OBI karena telah membimbing dan membawa perubahan karakter pada Dilon menjadi lebih positif.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html