Satu Bulan Kursus Komputer Di OBI Nias, Anak Ini Bisa Mengajari Teman-Temannya Di Sekolah

  • 2022-09-23
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 182
Foto: OBI

Berawal dari malu ditertawakan, ia bertekad untuk bisa mengoperasikan komputer sendiri.

Meskipun hanya anak seorang petani, hal itu tidak menyurutkan niat anak keempat dari lima bersaudara ini untuk memiliki cita-cita. Alfinus Laowo (16 tahun) ingin sekali menjadi seorang mekanik setelah ia lulus sekolah.

Saat ini Alfin sedang menuntut ilmu di salah satu SMA swasta di Nias. Sejak masuk SMA, ia merasa malu kepada teman-temannya yang bisa mengoperasikan komputer dengan baik. Hal ini karena teman-temannya yang mayoritas adalah orang kota yang memiliki komputer di rumahnya. Setiap ada tugas sekolah dari gurunya, seperti penyusunan laporan atau makalah dan tugas-tugas lain yang harus dikerjakan menggunakan komputer, Alfin selalu malas untuk mengerjakan karena tidak mengerti cara menggunakan komputer.

"Saya hanya bisa memfoto copy tugas milik teman saya untuk saya serahkan kepada guru yang memberi tugas. Sampai suatu kali saya ketahuan, kalau tugas yang saya kumpulkan adalah hasil dari mengcopy milik teman saya. Saat itu saya sangat malu sekali, saya ditertawakan oleh teman-teman sekelas. Sejak kejadian itu, saya berfikir untuk bisa mengikuti kursus komputer," jelas Alfin.

Alfin menceritakan kejadian yang dialaminya itu pada kedua orang tuanya. Mendengar cerita Alfin, orang tuanya mendukung ia untuk mengikuti kursus komputer. Kemudian, ia mulai mencari-cari tempat kursus komputer di dekat rumahnya, sampai akhirnya ia menemukan LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) Komputer OBI Nias.

"Saya memilih LKP OBI Nias karena biaya kursusnya murah, fasilitasnya lengkap, serta materi yang diberikan lebih detail untuk orang-orang yang awam seperti saya. Semua dasar pengoperasian komputer diajarkan dari yang paling dasar, sehingga saya lebih mudah untuk memahaminya," tutur Alfin lebih lanjut.

Setelah kurang lebih satu bulan, Alfin banyak mempelajari hal baru dan mengalami kemajuan. Ia dapat menguasai MS. Office, mulai dari mengetik dengan rapi, menggunakan berbagai rumus, mengetik surat, pengaturan kertas, membuat brosur sederhana dan membuat dokumen lainnya.

"Kalau tadinya saya ditertawakan oleh teman-teman saya karena tidak bisa mengoperasikan komputer, sekarang mereka belajar kepada saya. Ternyata masih banyak juga teknik yang belum mereka pahami, kami menjadi akrab sekarang. Selama saya belajar di LKP Komputer OBI Nias, bukan hanya diajarkan sampai bisa mengoperasikan komputer saja. Saya juga dibimbing karakternya agar menjadi pribadi yang kuat, semangat dan percaya diri. Sungguh saya berterima kasih kepada LKP OBI Nias yang telah mengubah kehidupan saya kedepannya, Tuhan memberkati!" Tutup Alfin.

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html