Penyuluhan Gizi Seimbang untuk Anak dengan Gizi Kurang di Jakarta dan Kalimantan

  • 2022-09-12
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 317
Foto: OBI

Gizi kurang pada anak berkaitan erat dengan kecerdasan dan berbagai penyakit

Salah satu program pemerintahan Jokowi adalah Pembangunan Sumber Daya Manusia. Hal ini salah satunya dilakukan dengan memberikan asupan gizi tambahan untuk untuk anak-anak.  Asupan gizi tambahan ini diberikan pada anak-anak yang dinilai mengalami gizi kurang.  Gizi kurang pada anak berkaitan erat  dengan kecerdasan dan berbagai penyakit terutama penyakit tidak menular. Menurut Kementrian Kesehatan gizi kurang adalah keadaan gizi balita yang ditandai dengan kondisi kurus, berat badan menurut panjang badan atau tinggi badan kurang dari standar deviasi, dan/atau lingkar lengan 11,5-12,5 cm pada Anak usia 6 bulan – 6 tahun.

Untuk mendukung program pemerintah di atas, pada 9 September yang lalu, sebagai langkah awal  tim OBI mengadakan penyuluhan tentang gizi yang seimbang kepada anak-anak usia 6 - 12 tahun dan orang tuanya. Program ini kami berikan pada 50 anak  pertama  yang telah terpilih untuk menerima program gizi seimbang  di wadah-wadah pendidikan yang OBI miliki di Tanah Merah dan Darit, Kalimantan Barat.

Siang itu anak-anak yang hadir di PKBM Tanah Merah sangat antusias karena penyuluhan ini dikemas secara menarik. Ahli gizi yang kami undang menyiapkan slide materi dengan gambar berwarna sehingga penjelasan tentang gizi seimbang yang disampaikan mudah dipahami oleh anak-anak, selain itu dijelaskan secara interaktif. Materi yang disampaikan meliputi jenis-jenis makanan sehat, waktu yang tepat untuk makan, sarapan yang sehat, panduan minum air putih sampai ke jenis jajanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Di akhir penyampaian materi, anak-anak menari jingle gizi seimbang dengan sangat antusias, dan ditutup dengan melakukan aktivitas mengunting dan menempel gambar makanan sesuai dengan kelompok makanan bergizi yang telah mereka pelajari sebelumnya. Dalam melakukan aktivitas ini, anak-anak didampingi oleh para orang tua.

Di sore harinya, tim OBI juga memberikan penyuluhan gizi seimbang untuk anak-anak di Darit, Kalimantan Barat. Kegiatan dan materi yang disampaikan pun sama, namun penyuluhan dilakukan secara virtual melalui zoom. Meski demikian, hal ini tidak menyulutkan antusias anak-anak dan orang tuanya dalam mengikuti kegiatan ini, terbukti ada 23 orang anak yang hadir dalam penyuluhan ini.

Diharapkan melalui adanya penyuluhan ini, anak dan orang tua dapat lebih memahami manfaat dan pentingnya gizi yang seimbang bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Penyuluhan atau edukasi gizi ini akan dilakukan intensif selama 1 bulan selama September 2022 sebanyak  4 sesi untuk kelompok anak, 2 sesi untuk kelompok pengasuh (ibu). Dan akan ditindaklanjuti dengan pemberian asupan gizi tambahan selama 6 bulan. 

Terima kasih untuk para Mitra OBI yang telah mendukung program ini. Ikuti terus perkembangan anak-anak yang mendapatkan program ini melalui website dan media sosial OBI. Tuhan memberkati!

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html