Menempuh Waktu Berjam-jam ke Kota Medan, Operasi Langit-langit Mulut Reri Berhasil Dilakukan

  • 2022-08-04
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 427
Foto: OBI

Reri suka sekali menyanyi. Dia selalu menggumamkan lagu dan bahkan bernyanyi ketika dia sedang bermain.

Reh Riahna Br Sitepu (3 tahun) yang biasa dipanggil Reri terlahir dengan kondisi bibir sumbing dan tidak memiliki langit-langit mulut. Hal ini membuat orang tua Reri tidak membiarkannya berada bebas di luar rumah karena mereka tidak mau Reri dijadikan bahan omongan oleh orang-orang di sekitarnya karena cara bicaranya yang aneh. Jadi Reri lebih sering bermain sendiri di rumah saja atau ikut ibunya bekerja ke ladang-ladang orang sebagai buruh bayaran harian.

Tahun 2021, Reri mendapatkan bantuan operasi gratis buat bibir sumbingnya dan ia harus menunggu paling tidak 1 tahun setelah pemulihan dari operasi bibir sumbingnya untuk menjalani operasi kedua untuk langit-langit mulutnya. Namun, karena keterbatasan dana yang dimiliki orang tuanya, mereka hanya hanya bisa berdoa untuk adanya bantuan operasi gratis lagi untuk anak mereka.

Walaupun tidak dibiarkan bermain di luar rumah, tapi beberapa bulan belakangan ini, orang tua Reri rajin membawa Reri ke sekolah minggu di gerejanya. Reri sangat suka menyanyi. Dia selalu menggumamkan lagu dan bahkan menyanyikan lagu ketika dia sedang bermain dengan teman-teman sekolah minggunya.

Melihat kondisi Reri yang memprihatinkan, guru sekolah minggu Reri merekomendasikan Reri kepada Kakak Patria fasilitator OBI wilayah Kab. Karo. Segera Kak Petria menghubungi tim Life Changing Surgery (LCS) OBI dan memasukkan Reri di daftar calon pasien.

Doa orang tua Reri terjawab, pada 5 Juli 2022 lalu Reri pertama kali mendapatkan pemeriksaan awal. Karena di Kabupaten Karo belum ada spesialis bedah plastik, oleh karenanya tindakan operasi tidak bisa dilakukan di sana. Reri harus dibawa ke Medan yang harus ditempuh melalui perjalanan darat lebih dari 3 jam. Reri akan ditangani oleh dokter Frank Buchari, Sp. BP. Bersyukur, hasil pemeriksaan awal, dokter Frank menyatakan bahwa kondisi Reri layak untuk dioperasi dan hari itu juga Reri mendapatkan jadwal untuk tindakan operasi.

Senin, 01 Agustus 2022, Reri mulai menjalani rawat inap di RS Accuplast Medan untuk persiapan operasi langit-langit mulutnya. Ia didampingi oleh ibunya dan Kak Petria. Dan pada Selasa, 02 Agustus 2022 pukul 09.00 wib, Reri menjalani operasi langit-langit mulut yang dilakukan oleh dr. Frank Buchari, Sp. BP. Puji Tuhan, operasinya berjalan dengan lancar. Dalam beberapa kali kontrol pasca operasi dan beberapa waktu terapi bicara, Reri akan sudah bisa normal seperti anak-anak lainnya.

Terima kasih Mitra OBI, karena Anda – ada masa depan yang lebih baik buat Reh Riahna Br Sitepu. Mari terus dukung OBI untuk anak-anak lainnya yang telah menunggu operasi gratis lainnya.

 

LR

Share this article :
https://www.oborberkat.com/patner/donation.html