Sumur Bor Atasi Masalah Desa Bedoro Saat Musin Kemarau

  • 2019-04-26
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 1178
Foto: OBI

Dengan udara yang masih terbilang jauh dari polusi, ternyata desa mereka menyimpan sebuah kecemasan ketika musim kemarau tiba. Kekurangan air bersih, membuat mereka harus merogoh rupiah lebih.

Desa Bedoro merupakan salah satu desa di Kecamatan Sambungmacan, letaknya dekat dengan area persawahan dan terdapat banyak hutan bambu di sekitar pemukiman penduduk desa.  Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, penduduk desa hanya mengandalkan sumur gali yang dalamnya  8 meter saja. Ketika musim kemarau tiba, maka sumur gali itu akan menjadi kering. Jika hal tersebut terjadi, maka penduduk desa harus meminta air kepada petani yang biasanya digunakan untuk mengairi sawah. Sebagai gantinya, penduduk harus membayar biaya bensin yang digunakan untuk pompa air.

Melihat kesulitan yang dialami oleh penduduk Desa Bedoro, tim OBI membangun sumur bor dengan kedalaman 30 meter dan Menara tendon dengan ketinggian 3 meter. Kualitas air yang keluar dari sumur bor itu cukup baik dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan penduduk desa. Apa kata para sebagian penduduk di Desa Bedoro?

Ibu Panikem berumur 65 tahun merupakan salah satu penerima manfaat sumur bor mengatakan “Saya senang jika ada sumur bor, jadi ambil airnya lebih dekat dan semoga masyarakat sekitar yang lain juga bisa ikut menggunakan sumur bor ini.”

Bapak Sugimin berumur 74 tahun juga mengatakan “Tuhan memberkati airnya, semoga bisa jadi berkat buat orang lain juga.”

“Ya, saya bersyukur berterima kasih, air ini bermanfaat sekali bagi saya karena bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari buat mandi, cuci baju dan lain-lain, lebih dekat juga kalau mau mengambil air. Biasanya kalau ambil air harus ke sumur di sawah,  terlalu jauh dan saya harus bayar.”  Sahut Ibu Yuni Prihhati berumur 38 tahun dengan penuh semangat.

Air bersih merupakan komponen penting di dalam kehidupan manusia, maka OBI akan terus membangun sumur bor di desa-desa yang masih memerlukan air bersih. Tapi untuk menjalankan hal tersebut, kami membutuhkan dukungan Anda dengan mendaftarkan diri Anda sebagai Mitra OBI. Caranya: kirimkan WA ke 0818.900.043 ketik OBI # Nama Lengkap # Email.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.oborberkat.com/patner/donation.html