OBI Ambil Bagian Mengatasi Masalah Utama di Nias

  • 2019-04-24
  • Author : Anastasia Aprita Lusi Ekanaru
  • Views : 308
Foto: OBI

Masalah kesehatan adalah masalah yang paling penting dalam kehidupan setiap orang, tapi masih banyak yang tidak menyadarinya. Ketika merasakan sakit, orang baru tersadar betapa nikmatnya hidup sehat.

Ketika sakit, maka berbagai aktivitas yang biasa dilakukan akan terhambat, bahkan hanya bisa terbaring di tempat tidur. Minimnya pemahaman tentang pentingnya kesehatan dialami oleh masyarakat di Nias. Karena tingkat perekonomian masih rendah, masyarakat hanya memperdulikan pekerjaan mereka tanpa memperdulikan kondisi kesehatannya. Oleh sebab itu kesehatan menjadi masalah di urutan teratas bagi pemerintah di Nias. Disamping fasilitas yang belum memadai, jumlah sumber daya manusia yang terbatas membuat masalah ini belum terpecahkan.

Perlu di ketahui bahwa georafis wilayah di Nias berbukit-bukit, infrastruktur belum terbagun dengan baik sehingga banyak masyarakat yang tinggal di pedalaman sulit untuk menjangkau daerah perkotaan. Kalau ada orang yang sakit, maka mereka tidak pergi ke dokter melainkan kedukun, sehingga seringkali bukan kesembuhan yang diperoleh, tapi bertambah sakit.

Penyakit mereka cukup bervariasi, ada penyakit kudis, diare, cacingan, batuk, sakit pinggang, sesak nafas, sakit kepala dan lain sebagainya. Bersyukur melalui baksos pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis yang dilakukan oleh yayasan OBI melalui Dedication Day Sumur Bor di desa-desa dan dusun-dusun yang sulit dijangkau. Hal itu seperti memberi jalan keluar bagi pemerintah desa dan dusun di pedalaman, secara khusus bagi masyarakat yang membutuhkan pengobatan secara gratis.

Tidak bisa dipungkiri bahwa apa yang kami lakukan sangat membantu masyarakat yang kurang mampu di desa-desa, tetapi jika dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat yang sangat banyak dan luas maka apa yang kami lakukan itu masih sangat kecil. Tahun 2018 lalu, kami baru mengobati 3 lokasi, sementara yang membutuhkan dan sudah mengajukan ada lebih dari 20 lokasi/dusun. Itu sebabnya kami berharap di tahun ini yayasan OBI Nias dapat memberi bantuan penyuluhan kesehatan dan pemeriksaan serta pengobatan gratis ke desa-desa yang ada di pedalaman Nias, supaya dapat mengurangi masalah utama di kepulauan Nias.

Jika Anda ingin berkontribusi untuk membantu menuntaskan permasalahan utama di Nias bersama dengan OBI, mari daftarkan diri Anda sebagai Mitra OBI dengan cara mengirimkan WA ke 0818.900.043 ketik OBI # Nama Lengkap # Email.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.oborberkat.com/patner/donation.html