Segera Lakukan Vaksin HPV Sebelum Terlambat

  • 2017-06-19
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 681
http://www.npr.org

Para wanita sering kali tidak menyadari akan pentingnya mendeteksi kanker serviks sejak dini. Hal itu menjadi penyebab kondisi penderita kanker serviks semakin parah dan sebagian besar kasusnya berakhir dengan kematian.

Kematian akibat kanker serviks sebetulnya dapat dicegah. Selain dengan menerapkan pola hidup sehat, pencegahan kanker serviks yang dianggap paling efektif dapat dilakukan dengan memberikan vaksin HPV.

Vaksin HPV direkomendasikan bagi anak-anak baik laki-laki maupun perempuan yang belum pernah melakukan kontak seksual dan terpapar virus HPV mulai usia 11 – 12 tahun, namun dapat juga diberikan sejak usia 9 tahun. Meski begitu, vaksin ini tidak akan bekerja pada tubuh seseorang yang telah terpapar HPV. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), vaksin HPV efektif diberikan untuk anak perempuan hingga usia 26 tahun dan anak laki-laki sampai usia 21 tahun.

Syarat menerima vaksin ini adalah sebagai berikut :

  1. Belum aktif secara seksual. Bagi seseorang yang telah aktif secara seksual dapat melakukan tes pap smear terlebih dahulu.
  2. Kondisi fisik sehat.
  3. Tidak sedang hamil.
  4. Berada dalam rentang usia 9 – 55 tahun.

Periode pemberian vaksin dilakukan melalui rangkaian 3 suntikan dalam waktu 6 bulan. Dosis kedua diberikan 1 hingga 2 bulan setelah dosis pertama, sedangkan dosis ke-3 diberikan 6 bulan setelah dosis pertama.

Vaksin dibagi menjadi 2 jenis, yaitu vaksin bivalent dan vaksin quadrivalent :

  1. Vaksin HPV bivalent berfungsi untuk mencegah hadirnya HPV tipe 16 dan 18 yang menyebabkan kanker serviks.
  2. Vaksin quadrivalent berfungsi untuk mencegah virus HPV tipe 16, 18, 6 dan 11 yang artinya mampu mencegah kanker serviks sekaligus kutil kelamin. Vaksin ini dapat digunakan untuk laki-laki dan perempuan.
Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.oborberkat.com/patner/donation.html