Satu Tahun Rumah Seni OBI Di Tanah Merah

Show English Version

  • 2014-05-20
  • Author : Yuliana Martha Tresia N
  • Views : 1827
Satu Tahun Rumah Seni OBI Di Tanah Merah

Tepat tanggal 17 Mei satu tahun yang lalu, Rumah Seni OBI berdiri di daerah Tanah Merah, Jakarta Utara.

Hari ini, tanggal 17 Mei 2014, Rumah Seni OBI di Tanah Merah tersebut pun genap berusia satu tahun. Satu tahun yang lalu, Rumah Seni OBI di Tanah Merah ini dimulai dengan pengembangan karya seni batik tulis untuk anak-anak. Batik ini dikreasikan menjadi begitu banyak benda, tidak hanya sekedar kain batik. Salah satunya termasuk hiasan dinding dari batik. Kemudian, semenjak November 2013, kegiatan seni disana ditambah dengan belajar sablon.

Setelah satu tahun ini, banyak yang berkembang dari adik-adik binaan di Rumah Seni OBI Tanah Merah. Secara karakter, yang tadinya pendiam, sekarang lebih terbuka dan dekat dengan Dwi dan teman-teman lain sesama adik binaan di Rumah Seni. Secara keterampilan, yang tadinya hasil cantingan mereka masih berantakan dan tidak rapi, sekarang sudah lebih rapi dan lebih kreatif. Hal ini diakui baik oleh Dwi, sebagai Koordinator Rumah Seni OBI Tanah Merah, maupun oleh adik-adik binaan disana. Pencapaian ini juga sejalan dengan tujuan didirikannya Rumah Seni OBI Tanah Merah, yaitu: pertama, untuk melestarikan budaya batik dan menimbulkan kecintaan anak-anak terhadap budaya Indonesia; kedua, untuk mengembangkan keterampilan anak-anak sehingga bisa mempersiapkan mereka untuk masa depan yang lebih baik; dan ketiga, untuk memulihkan dan mengembangkan karakter moral yang baik pula dari adik-adik yang dibina.

Satu tahun Rumah Seni OBI sudah berdiri di Tanah Merah, banyak mimpi dan harapan yang ingin terus diperjuangkan bersama-sama oleh Dwi dan adik-adik binaan disana. Salah satunya keinginan terbesar mereka adalah keinginan untuk Rumah Seni OBI Tanah Merah bisa memiliki galeri batiknya sendiri. Bahkan, bisa menciptakan batik khas dari Tanah Merah, sehingga bisa mengubah citra Tanah Merah, dari yang selama ini kurang dianggap dan justru dikenakan orang cap sebagai “lingkungan yang keras”, menjadi citra yang positif dan dikenal kreatif karena karya-karya seninya. Semoga saja, keinginan sekaligus harapan di peringatan satu tahun berdirinya Rumah Seni OBI Tanah Merah ini bisa tercapai. Suatu saat nanti, pasti. Apakah Anda ingin ikut membantu mereka meraih mimpi-mimpinya?

Tags : Education
Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.oborberkat.com/patner/donation.html