Gigi Sehat Untuk Anak-Anak Rusun Pinus Elok

  • 2017-03-07
  • Author : Yuliana Martha Tresia N
  • Views : 1201
foto : obi

Obor Berkat Indonesia terus melanjutkan komitmennya untuk ikut membangun masyarakat rusunawa. Di awal tahun 2017 ini, komitmen itu diwujud-nyatakan salah satunya dengan memberikan penyuluhan gigi kepada anak-anak Rusun Pinus Elok, Jakarta Timur, yang dibina di bawah naungan PAUD Surya Kasih. Penyuluhan ini digelar dalam dua rangkaian, yaitu sesi untuk anak dan sesi untuk orang tua selama dua minggu berturut.

 

Penyuluhan gigi ini bertujuan untuk mengedukasi baik anak maupun orang tua mengenai pentingnya kesehatan gigi yang harus diperhatikan dan dijaga sejak dini. Memang tidak semua orang tua yang benar-benar memperhatikan kesehatan gigi anaknya, apalagi mereka yang berlatar-belakang keluarga prasejahtera. Minimnya pengetahuan kesehatan gigi menjadi salah satu penyebabnya, karena itu Obor Berkat Indonesia berusaha untuk berbagi pengetahuan kesehatan gigi melalui penyuluhan-penyuluhan yang diprioritaskan bagi mereka.

 

Penyuluhan gigi untuk anak-anak diadakan pada Jumat, 24 Februari 2017. Rangkaian penyuluhan terdiri dari berbagai kegiatan menarik untuk anak dalam belajar kesehatan gigi bersama Obor Berkat Indonesia. Anak-anak belajar tentang pengetahuan dasar gigi melalui gambar dan lagu. Anak-anak juga belajar menyikat gigi dalam cara yang benar melalui bantuan boneka Gobi (Gigi OBI) dan praktik dengan phantom atau model gigi oleh dokter serta perawat gigi OBI. Setelah itu, anak-anak diajak praktik sikat gigi bersama di luar ruangan dan dibagikan kalender-stiker gigi yang akan mendorong mereka untuk rajin menyikat gigi dua kali sehari. Penyuluhan diakhiri dengan pemeriksaan gigi melalui alat intraoral camera, yang memungkinkan anak melihat langsung kondisi giginya di layar komputer.

 

Penyuluhan gigi untuk orang tua dilakukan pada minggu berikutnya, di tanggal 2 Maret 2017. Dalam penyuluhan gigi ini, orang tua dibekali pengetahuan tentang kesehatan gigi, khususnya terkait anak. Orang tua pun diedukasi langsung oleh dr. Chaterina Tobing dari Obor Berkat Indonesia mengenai cara perawatan gigi anak. Penyuluhan dilanjutkan dengan penjelasan kondisi gigi anak-anak melalui hasil foto intraoral camera di minggu sebelumnya oleh drg. Ardiles Marpaung dari Obor Berkat Indonesia. Dengan kasus gigi yang nyata dialami anak-anak mereka, drg. Ardiles Marpaung menjelaskan cara penanganan dan perawatan spesifik yang dibutuhkan anak sesuai kasus gigi yang dialami.

 

Penyuluhan ini dipandang sangat baik oleh Kepala Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) Pinus Elok dan Kepala Sekolah PAUD Surya Kasih Rusun Pinus Elok. “Menurut saya itu ide dan kegiatan yang bagus sekali, yang mendukung kita belajar hidup bersih dan sehat, yang memang harus kita mulai dari usia dini. Termasuk untuk anak-anak PAUD. Sangat penting karena menanamkan bagaimana mereka bisa hidup bersih dan sehat. Dari awal, masalah kesehatan, masalah gigi, karena memang untuk mendidik atau menciptakan budaya bersih itu dimulai dari usia dini. Terima kasih juga kepada OBI yang telah melaksanakan ini dan membantu kami disini,” kata Nugrah Hariadi, Kepala Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) Pinus Elok.

 

Army Tridesi Shinta Marito, Kepala Sekolah PAUD Surya Kasih Rusun Pinus Elok, juga berpendapat serupa. “Sangat menyenangkan, anak-anak dapat apa yang diajarkan dokter, dokter juga mengajarnya asyik ke anak-anak dan bawa benda nyatanya, sikat gigi pakai boneka Gobi. Anak-anak senang banget, jadi anak-anak ngerasain sendiri, pegang sendiri, sikat sendiri, dan ngeliat langsung, praktik langsung. (Penyuluhan gigi seperti ini) sangat dibutuhkan sekali ya. Karena disinipun anak-anak bisa datang ke sekolah tanpa sikat gigi, pernah anak sampai bengkak, giginya sampai berdarah-darah. Karena kesadaran, sebenarnya sih bukan anak, tapi orang tua yang kurang sadar pentingnya kesehatan gigi. Jadi sangat penting. Pun berkesinambungan untuk orang tua, jadi orang tua tahu cara treat (gigi) anak itu seperti apa,” katanya.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.oborberkat.com/patner/donation.html