Tanaman Hidroponik Diperkenalkan di Nias

Show English Version

  • 2016-01-19
  • Author : Monica Arti Wijaya
  • Views : 3183
Ilustrasi : OBI Nias

Obor Berkat Indonesia meluncurkan The One Programe di Desa Bawadesolo, Pulau Nias pada 13 Oktober 2015. The One program adalah sebuah agenda kerja dimana kegiatan medis, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat untuk kalangan prasejahtera menjadi rangkaian kegiatan yang terpadu.

Salah satu kegiatan yang dicetuskan dalam the one programe adalah Taman Sehat Keluarga yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi sayuran sebagai sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu serat yang terdapat pada sayuran sangat baik untuk pencernaan.

Mengawali kegiatan Taman Sehat Keluarga, metode hidroponik sebagai cara untuk bercocok tanam sayuran menjadi pilihan. Adapun beberapa kelebihan metode ini antara lain, jumlah panen yang relatif lebih banyak, hama dapat terkontrol dengan mudah, dan waktu panen dapat diatur sesuai kebutuhan. Tanaman hidroponik sangat cocok dilakukan di halaman rumah karena tidak terlalu membutuhkan banyak lahan dan memberikan kesan hijau untuk keindahan pemandangan halaman rumah.

Batang bambu dipilih sebagai pengganti pipa pvc yang biasa digunakan sebagai wadah tanaman hidroponik pada umumnya. Hal ini dimaksudkan untuk memanfaatkan bambu yang melimpah di Desa Bawadesolo. Sedangkan sumber air didapatkan dari air tadah hujan untuk mengurangi resiko datangnya hama jika sumber air yang didapat dari sungai atau sumur telah tercemar limbah kotoran hewan atau limbah lainnya. Tanaman hidroponik akan dilakukan disetiap rumah warga Desa Bawadesolo dengan pengontrolan secara rutin oleh instruktur hidroponik dari OBI.

"Seyogyanya metode hidroponik ini sudah diaplikasikan di Desa Bawadesolo paling lambat pertengahan tahun ini" ungkap Jhoni Nazara, Koordinator community development OBI Nias.

Share this article :
WEEKLY REPORT
http://www.oborberkat.com/patner/donation.html